Diduga Gabung ISIS, Warga Pekanbaru Diimingi Gaji Rp 3 Juta dan Fasilitas Penginapan di Suriah

Diduga Gabung ISIS, Warga Pekanbaru Diimingi Gaji Rp 3 Juta dan Fasilitas Penginapan di Suriah

Infografis "Menuju Wilayah ISIS". (ilustrasi: imam yunni)

Selasa, 10 November 2015 08:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dua warga Kelurahan Labuhbaru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru yakni FR, 30 tahun dan RZ, 26 tahun dicegat kepolisian Singapura saat pemeriksaan dokumen di Pelabuhan, Senin (9/11/2015). Keduanya ditahan lantaran hendak berangkat ke Suriah. "Kami menduga keduanya menjadi korban bujuk rayu anggota kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS)," kata Kepala Kepolisian Resort Kota Pekanbaru Komisaris Besar Aries Syarif Hidayat di kantornya, Senin (9/11/2015).

Menurut Aries, keduanya korban iming-iming orang yang dikenalnya di media sosial. Kepada penyidik, mereka mengaku dijanjikan bekerja di Suriah dengan gaji Rp 3 juta dan mendapat fasilitas penginapan. Namun tidak disebutkan jenis pekerjaan yang ditawarkan. "Mereka ini korban," katanya.

Kecurigaan polisi timbul lantaran tidak jelasnya jenis pekerjaan yang ditawarkan itu, terlebih tawaran gaji Rp 3 juta tidak sebanding dengan biaya akomodasi yang dikeluarkan kedua warga Pekanbaru itu berangkat ke Suriah. Polisi menduga keduanya bakal diajak bergabung dengan kelompok ISIS.

Namun sejauh ini polisi masih mendalami keterlibatan pihak lain, terutama orang yang mengajak keduanya ke Suriah. "Beruntung niatnya dapat digagalkan sebelum berangkat ke Suriah, kami akan kembalikan mereka kepada orang tuannya," ujar Aries.

Aries menjelaskan keduanya berencana akan berangkat ke Suriah lewat jalur Turki. "Mereka berangkat dari Pekanbaru lewat Batam, setiba di Singapura dicegat polisi," kata Aries.

Menurut Aries, kepolisian Singapura lalu mendeportasi keduanya setelah menghubungi Markas Besar Polri. Kepolisian Resort Kota Pekanbaru lalu menjemput kedua warganya lewat jalur internasional di Batam. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Pekanbaru, Hukrim
Sumber:Tempo.co
wwwwww