Sejumlah Nama Bakal Calon Gubernur Riau Mulai Muncul Jelang Pilkada Serentak 2024

Sejumlah Nama Bakal Calon Gubernur Riau Mulai Muncul Jelang Pilkada Serentak 2024

Ilustrasi.

Kamis, 18 April 2024 15:38 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, sejumlah nama bakal calon Gubernur Riau mulai muncul. Di antara nama mereka, ada dari Anggota DPR RI Abdul Wahid hingga mantan Bupati M Haris.

Pengamat Politik Universitas Riau, Saiman Pakpahan mencatat sejumlah nama mulai muncul ke permukaan. Para kandidat turut memperkenalkan diri lewat sosialisasi dan baliho yang terpasang di sejumlah wilayah. "Sampai saat ini hampir seluruh warga negara punya hak. Namun warga negara mana yang mulai terlihat dan muncul di ruang-ruang publik lewat sosialisasi, baliho, spanduk dan lainnya?" kata Saiman saat berbincang dengan detikSumut, Rabu (18/4/2024).

Nama-nama yang kuat muncul ke publik ada Ketua PKB Riau Abdul Wahid, politisi Golkar Idris Laena, Wakil Bupati Pelalawan Nazaruddin dan anggota DPR RI M Nasir. Nama lain ada mantan Bupati Indragiri Hilir M Wardan, mantan Bupati Pelalawan M Haris dan mantan Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Saiman menilai di luar nama-nama itu bakal ada nama baru yang muncuk ke publik saat tahapan mulai dekat. Hanya saja, ada nama pupuler pada tahun 2019 yang saat ini tidak lagi diperbincangkan.

"Di luar itu ada kandidat lain yang pasti bakal muncul dalam waktu dekat. Justru nama lama yang tidak terlihat ada padahal di awal dimunculkan seperti Achmad, Syamsurizal, Syamsuar, Firdaus dan Andi Rachman," kata Saiman dilansir dari detiksumut.

Nama-nama ini justru tidak terlihat secara eksplisit keinginan maju. Sehingga muncul kandidat-kandidat baru yang siap bertarung di Pilkada Riau mendatang.

Tak hanya itu, dalam perbincangan lain ada nama Ketua Partai Demokrat Riau Agung Nugroho. Termasuk anggota DPR RI Syahrul Aidi dalam kesempatan lain terlihat muncul mensosialisasikan diri.

"Di ruang publik ada nama Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, kalau kita tracking juga cukup fenomenal. Nama beliau ini sangat populer dan beliau bisa kita lihat sebagai sosok dengan kemampuan tarung yang bagus, di lapangan bagus dan sejauh ini cukup baik," kata Saiman yang kini menjabat Wakil Dekan III FISIP Universitas Riau.

Meskipun begitu, Saiman menilai nama baru akan mulai muncul dalam waktu dekat. Hal ini seiring dengan dorongan dari masing-masing partai politik untuk calon gubernur Riau

"Nanti nama-nama ini akan mengerucut siapa dengan siapa, siapa berkoalisi dengan siapa dan jadi domain partai. Ini yang kita tunggu untuk melihat dinamika politik koalisi yang akan dibangun masing-masing kandidat. Yang jelas nama-nama ini cukup diperhitungkan saat ini," katanya.***

Kategori : Politik, Riau
wwwwww