Kubu Tengku Mustafa - Amyurlis (Ucok) Tolak Daftar Pemilih yang Ditetapkan KPU Meranti

Kubu Tengku Mustafa - Amyurlis (Ucok) Tolak Daftar Pemilih yang Ditetapkan KPU Meranti

Ilustrasi.

Minggu, 01 November 2015 03:43 WIB
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com - Kubu pasangan Tengku Mustafa dengan Amyurlis alias Ucok (Bermutu) menolak daftar pemilih yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.
Alasannya, diduga pemilih yang telah ditetapkan oleh KPU itu banyak bermasalah. Sikap itu disampaikan Sekretaris Bapilu Koalisi Bermutu, Zulkifli alias Jon PDI, belum lama ini. Kata Jon, ada temuan DPT ganda yang 1 NIK bisa terdapat 5 atau 6 orang.

Berdasarkan kajian tim mereka, ditambahkan Jon, kesalahan itu pada Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). "Kunci masalahnya pada sistemnya. Aplikasinya bermasalah, itu artinya harus diselesaikan secara manual," ujar dia.

Jon juga berharap seharusnya KPU Kepulauan Meranti meluangkan waktu mencari jalan penyelesaian atas temuan yang mereka sampaikan itu. Jon juga menyampaikan, di sini mereka bukan mencari kesalahan, tetapi tindakan nyata dan serius dari KPU untuk mencari solusi atas temuan itu.

"Ada pemilih ganda, alasannya error. Itu bukan alasan yang bisa diterima. Instruksikan anggota untuk menginput secara manual kalau memang sistem yang bermasalah. Kita tidak terima (hasil daftar pemilih, red), sikap kita jelas," imbuh Jon.

Sementara itu, di tempat terpisah, Ketua KPU Meranti Yusli SE, Jumat (30/10/2015) membenarkan adanya sanggahan dari tim Bermutu yang disampaikan Jon saat menghadiri Rapat Pleno Daftar Pemilih Tetap Tambahan 1 (DPTb 1) beberapa waktu lalu. Namun, menurut Yusli lagi, tidak ada hak LO atau tim sukses pasangan calon untuk menyanggah hasil pleno itu.

"KPU hanya menyampai rekap dari kecamatan. Kalau ada temuan terhadap pemilih ini, sampaikan, berikan datanya kita akan akomodir. Kan masih bisa masuk ke DPTb 2," kata Yusli pula.

"Yang jelas, kalau tidak masuk ke DPT, kita masukkan ke DPTb, dan dia bisa memilih. Saya juga instruksikan KPPS agar saat mengantarkan C6 itu diberikan betul-betul ke pemilih yang berhak. Nantinya juga didampingi dari pihak Panwaslu," tandasnya. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Meranti, Politik
Sumber:GoRiau.com
wwwwww