Asian Agri Bangun Posyandu dan Lakukan Pengobatan Gratis bagi Warga Terkena Dampak Asap di Kuansing

Asian Agri Bangun Posyandu dan Lakukan Pengobatan Gratis bagi Warga Terkena Dampak Asap di Kuansing

Antusias warga untuk mendapatkan pengobatan gratis dari PT Inti Indosawit Subur (PT IIS). (foto: humas aag)

Selasa, 27 Oktober 2015 18:38 WIB
KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com- Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Inti Indosawit Subur (PT IIS) pada 24 Oktober 2015 lalu melakukan acara serah terima satu unit posyandu yang berada di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing.
Serah terima dilakukan langsung oleh Manajer Kebun, Juliandi Pane dan Manajer Pabrik, Arwediedy Gultom yang diterima langsung oleh kepada Desa Tanjung Pauh, H Alhaji.

Sebelumnya seluruh kegiatan posyandu dilakukan secara berpindah-pindah karena menumpang di rumah warga. Melihat hal ini maka Manajemen Kebun PT IIS memandang perlu untuk membangunkan posyandu, agar kegiatan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, imunisasi dan lain-lain dapat dilakukan secara intens dan di tempat yang memadai.

”Keberadaan posyandu sangatlah dibutuhkan, karena posyandu merupakan tempat warga untuk mendapatkan pemeriksaan & penyuluhan kesehatan, khususnya ibu dan anak. Dengan dibangunnya posyandu ini, diharapkan pelayanan kesehatan bagi warga desa menjadi semakin baik,” ujar Manajer Pabrik PT IIS , Arwediedy Gultom.

Selain itu, bersamaan dengan acara serah terima posyandu dilangsungkan juga pengobatan gratis, khususnya bagi warga yang terkena dampak ISPA (infeksi saluran pernafasan akut). Sebagaimana kita ketahui, sudah hampir 3 bulan sebagian besar wilayah Provinsi Riau tertutup kabut asap, yang mengakibatkan kesehatan masyarakat menurun.

”Kami sungguh bersyukur, karena bangunan posyandu yang baru ini langsung dapat kita manfaatkan bersama. Karena selain serah terima posyandu, hari ini kita juga melakukan pengobatan gratis bagi masyarakat yang terkena dampak ISPA di gedung baru ini. Oleh karena itu bapak dan ibu dapat langsung memeriksakan diri agar dapat dilayani oleh tim medis perusahaan maupun tim medis dari Puskesmas Koto Baru,” kata Arwediedy Gultom.

/assets/imgbank/28102015/potretnewscom_6rvry_34.jpg
Para undangan berfoto bersama di bangunan posyandu setelah diserahkan Manajemen Kebun PT IIS kepada Kepala Desa Tanjung Pauh. (foto: humas aag)

Kepala Desa Tanjung Pauh H Alhaji tampak terharu dan merasa berterima kasih atas bantuan dan kepedulian perusahaan terlebih lagi dimasa darurat asap ini. ”Syukur alhamdullilah, karena dengan dibangunnya posyandu ini masyarakat sekitar Tanjung Pauh dapat memperoleh layanan kesehatan menjadi lebih dekat. Semoga dengan bantuan ini PT IIS juga semakin maju dan mendapat berkah dari Allah SWT. Dan terima kasih juga kami ucapkan kepada Bapak Juliandi Pane & Bapak Arwediedy Gultom yang telah membantu sehingga hal ini bisa terwujud,” tuturnya.

Kepala Puskesmas Singingi Hilir, dr Dina berharap agar posyandu ini dapat dimanfaatkan dengan masksimal untuk menunjang kesehatan warga. ”Semoga kegiatan seperti ini bisa membangkitkan tingkat kesehatan di daerah kita dan berharap apa yang dilakukan PT IIS juga dapat dicontoh oleh perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama. Sebab jika manusianya sehat, maka kemajuan desanya pasti juga semakin cepat,” ucapnya.

Acara peresmian posyandu dan pengobatan gratis ini juga turut dihadiri oleh Kapolsek Singingi, Danramil Muara Lembu, Ketua BPD dan juga para tokoh masyarakat sekitar. Antusias warga untuk menghadiri peresmian ini cukup tinggi, sebab mereka juga ingin mendapatkan layanan pengobatan gratis. Tidak kurang dari 500 orang warga yang mendapatkan layanan kesehatan pada hari itu.

Sehari sebelumnya, Pabrik PT IIS Sugai Pokahan juga sudah menunjukkan kepeduliannya bagi warga korban asap dengan membagikan masker, vitamin dan juga air mineral bagi warga Desa Simpang Koran serta masyarakat umum yang melintas di jalan raya Pekanbaru – Telukkuantan. (rls)

(Mario Abdillah Khair)
Kategori : Kuansing, Interbis
wwwwww