100 Hektar Hutan Lindung Suaka Margasatwa Kerumutan Riau Terbakar

100 Hektar Hutan Lindung Suaka Margasatwa Kerumutan Riau Terbakar

Ilustrasi kebakaran hutan lindung.

Selasa, 27 Oktober 2015 01:01 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com- Sedikitnya 100 hektar area Hutan lindung Suaka Margasatwa di Kecamatan Kerumutan, Pelalawan, Riau, ludes terbakar. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi sejak sepekan lalu masih berlangsung. "Upaya pemadaman darat sudah dilakukan sejak sepekan lalu. Bahkan tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan upaya pemadaman," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Daerah (BPBPKD) Pelalawan, Hadi Penandio, Senin (26/10/2015).

Menurut dia, kebakaran di Suaka Margasatwa Kerumutan berasal dari adanya kebakaran yang terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), kemudian api menjalar ke area hutan di Kecamatan Telukmeranti.

"Kemudian api itu merambat ke area Hutan Lindung Suaka Marga Satwa di Kecamatan Kerumutan," beber Hadi Penandio.

Dikatakan, operasi pemadaman darat telah dilakukan oleh tim gabungan sejak sepekan yang lalu, namun api belum bisa dipadamkan api. Sulitnya sumber air dan lokasi membuat upaya pemadaman darat sulit dilakukan.

"Pada hari ini kita telah meminta bantuan ke provinsi. Pemadaman melalui udara terlah dilakukan oleh heli Sikorsky," ujarnya. ***

(M Yamin Indra)
Sumber:GoRiau.com
wwwwww