Kapal Pengangkut Bensin Meledak di Sungaibaru Meranti, ABK Luka Bakar di Sekujur Tubuh, Seorang Lagi Hilang

Kapal Pengangkut Bensin Meledak di Sungaibaru Meranti, ABK Luka Bakar di Sekujur Tubuh, Seorang Lagi Hilang

Ilustrasi kapal pengangkut bensin meledak.

Jum'at, 09 Oktober 2015 11:15 WIB
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com - Satu unit kapal bernama KM Ericson GT27 meledak dan terbakar di Sungaibaru Desa Telukketapang Kecamatan Pulau Merbau, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Kapal itu terbakar diduga akibat percikan api dari mesin robin saat ABK (anak buah kapal) membersihkan lambung kapal setelah bongkar BBM jenis premium (bensin, red). Keterangan itu sebagaimana disampaikan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Jumat (9/10/2015). Kata laki-laki yang akrab dipanggil Pandra, Kamis, 08 0kt 2015 sekira pukul 18.30 WIB telah terjadi peristiwa terbakar dan meledaknya KM Ericson GT27 di Sungaibaru.

Kejadian itu bermula saat ABK membersihkan lambung bagian dalam kapal usai membongkar muatan minyak bensin Industri.

Diceritakan Pandra, setelah KM Ericson bongkar muatan bensin di Sungaibaru itu, nakhodanya ada yang naik ke atas untuk mengurus surat dokumen serah terima barang. Saat itu pula, ada ABK hendak membersih kapal dari sisa BBM yang dibongkar.

"Seorang ABK bernama Iwan menghidupkan mesin robin untuk membersihkan kapal dengan cara menyiram air. Pada saat itulah terjadi ledakan di kapal. Dugaan asal ledakan dari percikan api yang dikeluarkan mesin robin menyambar sisa bensin yg berserakan," kata Pandra.

Akibat dari kejadian itu, nakhoda bernama Sukar (48) warga Sei Apit Siak terhindar dari kejadian kebakaran. Sementara dua di antaranya Hendi Hasbulah (29) mengalami luka bakar dan saat ini sudah dievakuasi ke RSUD Selatpanjang guna mendapat perawatan.

"Satu orang bernama Iwan umur 25 tahun belum ditemukan," ujar Pandra. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Meranti, Umum, Peristiwa
Sumber:GoRiau.com
wwwwww