Kabut Asap Masih akan Berlangsung Lama, BNPB: Gunakan Masker Khusus N95, Tak Bisa Masker Biasa

Kabut Asap Masih akan Berlangsung Lama, BNPB: Gunakan Masker Khusus N95, Tak Bisa Masker Biasa

Masker N95

Kamis, 01 Oktober 2015 21:30 WIB
.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan diprediksi masih berlangsung hingga November. Begitu pula dengan kondisi udara atau kabut asap yang mengancam kesehatan masyarakat terdampak.

Karena itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan sejumlah imbauan bagi masyarakat, utamanya terkait aspek kesehatan.

"Kalau merasa bahwa ada sedikit tidak enak di pernafasan, harus segera berobat," ujar Kepala BNPB Willem Rampangilei di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (1/10).

Willem juga mengimbau agar masyarakat selalu menggunakan masker khusus N95. Tidak bisa menggunakan masker biasa. Jika asap terlalu pekat, disarankan pula untuk menggunakan handuk basah.Selain dari aspek kesehatan, BNPB juga mengimbau masyarakat untuk tidak lagi melakukan pembakaran lahan.

Karena keberhasilan penanganan kebakaran hutan dan lahan tidak bisa hanya bergantung pada pemerintah, baik pusat maupun daerah.

"Kalau masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi, turut mencegah terjadinya kebakaran, Insya Allah ini akan dapat cepat diselesaikan," kata Willem.

Willem memaparkan, sejumlah upaya pemadaman tengah diintensifkan oleh pemerintah, baik upaya pemadaman darat maupun udara. Upaya pemadaman darat di antaranya melalui pemadaman darat oleh satuan tugas darat dan pembuatan kanal bersekat serta sosialisasi kepada masyarakat agar tidak lagi membakar hutan.

Sedangkan upaya pemadaman udara akan diperkuat melalui water bombing dan teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan.
Sumber:kompas.com
wwwwww