PotretNews.com Selasa 24 April 2018

Sama Sekali Tidak Ada Sihir-sihirnya, Begini Rahasia Pengerjaan Ketok "Magic"

Sama Sekali Tidak Ada Sihir-sihirnya, Begini Rahasia Pengerjaan Ketok

Mobil yang sedang dalam proses ketok "magic".

Senin, 19 Oktober 2015 09:18 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Selama ini anggapan yang ada di masyarakat awam mengenai ketok magic adalah mistis, berkaitan dengan ilmu sihir. Padahal, aslinya sama sekali tidak berbau gaib. Ketokmagic itu sendiri hanya berdasarkan kemampuan seseorang memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan keahliannya menggunakan alat sederhana.Kelebihan bengkel khusus reparasi bodi ini adalah kemampuannya memperbaiki dengan apik meski dalam waktu singkat. Kerap, pengerjaannya tidak boleh dilihat pelanggan sehingga unsur mistis semakin mengental di benak konsumen.

Menurut Nahrowi, salah satu pemilik bengkel spesialis ketok magic PH Supri yang berada di Jalan Raya Kalibata, No 20, Cawang III, Jakarta Timur, anggapan masyarakat bahwa ketok magic itu mengandung unsur mistis dan sihir itu tidak benar. Sebab, pada kenyataannya hanya kemampuan seseorang dalam memperbaiki bodi mobil.

“Sama sekali tidak ada sihir-sihirnya, bahkan proses pengerjaannya pun bisa dilihat langsung oleh pemilik mobil dan kita tidak menutup-nutupi,” ujar pria asal Blitar ini saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (15/10/2015).

Ads
Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu karyawannya yang bernama Joyo. Ia mengatakan, nama ketok magic itu sendiri hanya sebutan biasa yang sering diungkapkan oleh orang Jakarta dan sekitarnya. Sebab, menurut dia, nama aslinya itu sendiri adalah kenteng teter atau bisa juga disebut ketuk keter.

“Keahlian seperti ini asalnya itu dari Blitar, Jawa Timur, dan di sana disebut kenteng teter atau ketuk teter. Kalau di Jakarta disebut dengan nama itu sudah pasti banyak orang yang tidak tahu, jadi disebutlah ketok magic,” kata Joyo.

Joyo melanjutkan, karena bicara mengenai keahlian maka alat yang digunakan untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok atau rusak cukup sederhana, seperti martil, kawat, dan las.

“Selebihnya tidak ada alat lain. Jadi, alat tersebut kita maksimalkan dengan kemampuan kita. Semakin lama, maka akan semakin rapi,” kata pria yang sudah 27 tahun menggeluti usaha ketok magic.

Nah, sekarang Anda jangan lagi menganggap bahwa ketok magic itu berbau mistis atau gaib. Sebab, pada kenyataannya, pengerjaannya hanya ditarik-tarik dan diketok-ketok. ***

loading...
(Farid Mansyur)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Kompas.com
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww