PotretNews.com Senin 23 April 2018

Sebelum Internet Datang, Apa Kebiasaan Populer yang Dilakukan Manusia?

Sebelum Internet Datang, Apa Kebiasaan Populer yang Dilakukan Manusia?

Ilustrasi

Senin, 21 September 2015 02:51 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Jika kita akan pergi ke manapun, hal pertama yang diingat adalah smartphone. Ya, banyak orang yang benar-benar tidak bisa meninggalkan smartphone ke manapun Dia pergi, bahkan ke toilet sekalipun.Penyebab utama dari sebagian besar teknologi saat ini adalah internet. Smartphone, media sosial, aplikasi chatting, WiFi, bahkan alat-alat rumah tangga pun semua terhubung ke internet. Antara smartphone, komputer, jam tangan, gelang, dan pembersih rumah bisa saling terhubung satu sama lain.

Namun, ingatkah Anda apa saja yang Anda lakukan ketika internet belum ada? Apakah sama dengan kegiatan saat ini? Pasti tidak. Internet membawa perubahan yang sangat besar pada semua kegiatan kita di masa lalu dengan masa sekarang.

Untuk mengingatkan Anda pada kegiatan masa lalu, berikut 6 kebiasaan yang sering kita lakukan sebelum mengenal internet, seperti dilansir dari The Richest.

Ads
1.Request lagu di radio
Sebelum adanya Youtube, 4shared, dan website lainnya, untuk mendengarkan lagu favorit, biasanya harus request lagu di radio. Saking banyaknya request lagu tersebut, akhirnya lagu yang kita minta tidak mainkan. Ya, radio dahulu sangat populer sekali, hingga banyak orang yang request melalui telepon atau mungkin SMS biasa.

Tetapi dengan adanya internet, Anda hanya perlu klik-klik saja untuk langsung mendengarkan lagu favorit Anda. Anda juga bisa melakukan streaming secara online dari smartphone atau laptop untuk melihat atau mendengarkan lagu, film, dan acara yang Anda sukai.

Walaupun radio sekarang masih ada, tetapi keberadaannya tidak sepopuler zaman dahulu. Ada TV, smartphone, iPad, laptop, dan masih banyak lagi perangkat canggih lainnya sebagai pengganti radio.

2.Membeli majalah
Dahulu, majalah menjadi langganan setiap minggu untuk mendapatkan informasi unik. Anda bisa mengetahui fesyen apa yang sedang ngetren, lagu apa yang sedang top, ramalan zodiak, hingga berita- berita seputar selebriti. Bagaimana dengan sekarang?

Banyak orang lebih memilih membuka Google dan mencari apa yang tren saat ini. Media sosial, blog, berita online, juga tersedia gratis untuk Anda. Kembali lagi, Anda hanya perlu internet untuk merubah itu semua. Terdengar mustahil untuk zaman dahulu, namun kini semua itu nyata dan kita bebas menggunakannya.

3.Menonton TV dengan keluarga
Satu-satunya hiburan yang murah adalah menonton TV. Semua anggota keluarga mulai dari orang tua, kakak, adik, siapapun pasti tahu banyak tentang acara TV yang sedang hits. Hal ini ampuh untuk mempererat antar anggota keluarga.

Namun karena adanya internet, orang lebih suka menghabiskan waktu untuk menonton semuanya di Youtube dari pada di TV. Resolusi gambar yang ditampilkan di TV dan Youtube juga tidak jauh beda, membuat orang lebih memilih berada berjam-jam dengan internet dari pada di depan TV.

Bahkan ketika Anda menonton TV, pasti ada beberapa anggota keluarga yang masih mengulik smartphone atau tabletnya. Kita mungkin asik chatting di smartphone, padahal kita sedang berada di depan TV.

4.Mencari di buku telepon
Sebelum adanya internet, Anda harus mencari nomor seseorang di buku telepon. Tebalnya buku telepon, tidak membuat kita putus asa untuk mencari nomor telepon yang dibutuhkan. Tidak cukup hanya mencari, biasanya nomor telepon yang ditemukan, akan dilingkari atau di catat kembali pada selembar kertas, dan di tempel di dinding. Apakah Anda ingat?

Saat ini, Anda hanya perlu mencatatnya di perangkat mobile dan disinkronisasi dengan Google. Kapanpun Anda butuh, kontak telepon tersebut selalu ada tanpa perlu membuka buku telepon yang sangat tebal.

5.Menulis surat
Adanya internet membuat Anda tidak perlu susah-susah untuk membeli perangko dan pergi ke kantor pos untuk mengirim surat. Anda hanya perlu terhubung dengan internet, maka semuanya bisa dilakukan. Anda tidak perlu lagi menunggu tukang pos untuk melihat surat balasan, tetapi cukup melihat pemberitahuan yang ada di smartphone atau laptop.

Tidak perlu ribet untuk melakukan hal itu, aplikasi chatting dan media sosial sudah bisa membuat surat tersebut tersampaikan.

Ya, hal ini bisa menjadi memori manis untuk kita yang pernah mengalaminya. Mungkin saja 10 sampai 20 tahun lagi, teknologi zaman sekarang juga terkesan sangat 'jadul'. Sama seperti dahulu sebelum adanya internet.***

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Merdeka.com
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww