Home > Berita > Umum

Perluas Wawasan Bisnis Digital Kreatif, AMSI Riau Kunjungan Belajar ke AMSI DIY

Kamis, 03 Agustus 2023 21:08 WIB
Galeri Foto
perluas-wawasan-bisnis-digital-kreatif-amsi-riau-kunjungan-belajar-ke-amsi-diyJajaran AMSI Riau berdiskusi dengan jajaran redaksi ”Tribun Jogja”, Jumat (28/7/2023). (F-AMSI Riau)

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dalam upaya memperluas wawasan dan pengetahuan terkait bisnis digital kreatif, jajaran Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau mengunjungi AMSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sejumlah perusahaan media siber di Kota Yogyakarta, 27-29 Juli 2023.

Rombongan dalam kegiatan bertajuk ”studi banding” dipimpin Ketua AMSI Riau Ahmad S Udi , dan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 27 hingga 29 Juli 2023.

BERITA TERKAIT

* AMSI Riau Belajar Cara Baru Raih Keuntungan di Bisnis Media Digital ke AMSI DIY

”Kunjungan kerja kita sekaligus silaturahmi ke AMSI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakar ini dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Perkembangan dan perubahan model bisnis media sangat cepat dan beragam. Karena itu, kami harus terus belajar. Terutama pada media-media digital di daerah lain yang terbukti berhasil memilih dan menerapkan model bisnisnya,” kata Ketua AMSI Riau, Ahmad S Udi dalam keterangan tertulis yang diterima potretnews.com. 

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07082023/potretnewscom_ubeq3_2696.jpgJajaran AMSI Riau foto bersama dengan Pengurus AMSI DIY usai diskusi di ruang rapat ”Harian Jojga” dalam rangkaian kunjungan kerja ke AMSI DI Yogyakarta, Kamis (27/7/2023). (F-AMSI Riau)

Dijelaskannya, pada hari pertama, Kamis (27/7/2023), setelah mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, rombongan langsung bertolak ke AMSI DIY yang sekretariatnya satu areal dengan Kantor Redaksi Redaksi Harian Jogja.

Rombongan AMSI Riau disambut Ketua AMSI DI Yogyakarta Anton Wahyu Prihatono yang juga Pemimpin Redaksi Harian Jogja, dan beberapa pengurus. Diskusi berlangsung kira-kira dua jam. Rombongan AMSI Riau mendapat sejumlah masukan dan pengalaman baru model bisnis media digital yang diterapkan media anggota AMSI DIY lainnya, seperti; Harian Jogja, Mojok.co dan jogja.suara.com.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07082023/potretnewscom_wjxku_2698.jpgJajaran AMSI Riau diskusi di hotel pada Jumat (28/7) pagi, dalam rangkaian kunjungan kerja ke AMSI DI Yogyakarta, 27-29 Juli 2023. (F-AMSI Riau) 

Selain iklan dan advertorial direct, pendapatan bisnis media bisa didapat dari beberapa kreativitas digital. Seperti pembuatan film pesan positif dari instansi atau perusahaan swasta. Selain itu juga menggelar beberapa event yang menggaet para pembaca baru tentunya.

”Sudah beberapa kali kami membuat film pendek untuk instansi pemerintah. Kami juga menyunting dan mencetak majalah dinas tertentu dari kabupaten tertentu,” jelas Anton.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07082023/potretnewscom_z2tz3_2694.jpgJajaran AMSI Riau foto bersama diskusi di hotel pada Jumat (28/7) pagi, dalam rangkaian kunjungan kerja ke AMSI DI Yogyakarta, 27-29 Juli 2023. (F-AMSI Riau) 

Pemasukan dari kegiatan bisnis model baru ini, menurut Anton, sangat membantu menopang kinerja bisnis perusahaan media. Beruntung, cukup bagusnya perkembangan industri kreatif di Yogyakarta sangat mendukung sektor lainnya, tak terkecuali bisnis media digital. Pertemuan hari itu diakhiri dengan foto bersama.

Kemudian pada hari kedua, Jumat (28/7/2023), rombongan AMSI Riau belajar ke Kantor Redaksi Tribun Jogja. Pemimpin Redaksi Ribut Raharjo menerima kunjungan tersebut ditemani penanggung jawab konten digital, Ikrob. Dalam pertemuan tersebut, media-media anggota AMSI Riau mendapat gambaran baru mengenai pentingnya memanfaatkan media sosial untuk eksistensi bisnis media digital.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07082023/potretnewscom_7x89n_2695.jpgJajaran AMSI Riau berdiskusi dengan Redaksi ”Tribun Jogja” di ruang rapat ”TribunJojga”, DI Yogyakarta, Jumat (28/7/2023). (F-AMSI Riau) 

”Tapi untuk eksis dan menghasilkan harus terus berinovasi. Tidak bisa satu model bertahan dalam waktu lama. Selalu perlu inovasi untuk bisa menjaga keberlangsungan kunjungan,” tutur Ribut Raharjo, menyarankan.

Usai diskusi soal menggarap media sosial untuk menjadikan pendapatan, rombongan juga berkesempatan mengunjungi dua studio Tribun Jogja yang biasa untuk membuat konten podcast. Untuk diketahui, Harian Jogja dan Tribun Jogja saat ini selain di media digital juga masih memproduksi koran edisi cetak.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07082023/potretnewscom_763e7_2697.jpgJajaran AMSI Riau foto bersama pimpinan dan tim Redaksi ”Tribun Jogja”, saat kunjungan kerja ke DI Yogyakarta, Jumat (28/7/2023). (F-AMSI Riau) 

Dari dua hari kunjungan belajar itu didiskusikan rombongan AMSI Riau pada Sabtu (29/7/2023) di hotel menginap. Tentunya membicarakan pola-pola apa yang bisa diterapkan bagi anggota AMSI Riau nantinya.

”Saya yakin anggota AMSI mendapat banyak ilmu yang sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis media digital di Riau," ujarnya.

Untuk diketahui AMSI Riau beranggotakan; RiauPos.co, TribunPekanbaru.com, Riauterkini.com, Cakaplah.com, dan Goriau.com. Kemudian, Potretnews.com, Riauonline.co.id, BertuahPos.com, Riau.Antaranews.com, HalloRiau.com, dan Riau1.com..***(Galeri Foto)

Kategori : Umum, Riau
wwwwww