Home > Berita > Umum

Pengukuhan Rektor Unilak Prof Dr Junaidi sebagai Guru Besar Bidang Kajian Budaya Kental dengan Prosesi Adat Melayu

Pengukuhan Rektor Unilak Prof Dr Junaidi sebagai Guru Besar Bidang Kajian Budaya Kental dengan Prosesi Adat Melayu

Rektor Unilak Prof Dr Junaidi.

Senin, 08 Mei 2023 17:37 WIB
Abdul Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS MHum akan dikukuhkan sebagai guru besar bidang Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Riau, Selasa (9/5/2023) pagi di Gedung Aula Perpustakaan Unilak.

Pengukuhan ini dikemas dengan serangkaian acara sidang senat dan dibungkus dengan seni pertunjukan adat budaya Melayu Riau. Dimulai dengan arak-arakkan senat universitas dengan kompang sembari berselawat kepada Nabi, kemudian pencak silat, prosesi tepuk tepung tawar yang akan dilakukan oleh para datuk dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dan beberapa tokoh Riau lainnya serta pemasangan tanjak kepada Prof Dr Junaidi oleh Ketua MKA LAMR, Datuk Seri H Raja Marjohan Yusuf.

”Pengukuhan ini dikemas dengan adanya unsur seni pertunjukan adat budaya Melayu dan merupakan komitmen Unilak untuk mewujudkan visi Unilak unggul berlandaskan budaya Melayu. Tentu saja, simbol-simbol dari prosesi adat dan budaya Melayu kami kedepankan dalam serangkaian prosesi pengukuhan nantinya,” ujar ketua Pelaksana yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami MKom.

Menurut Zamzami, persiapan pengukuhan guru besar telah 99 persen dilakukan. Insya Allah akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kepala LLDikti Wilayah X, rektor perguruan tinggi se-Riau, Ketua DPH LAMR, dan ratusan undangan lainnya.

Dijelaskan Zamzami, dengan pengukuhan ini diharapkan semakin banyak dosen mengikuti jejak langkah guru besar yang sudah dikukuhkan, terutama dari beberapa fakultas yang ada di Unilak. Dia menyebut, saat ini Unilak sudah memiliki iga guru besar yakni; Prof Dr Syafrani (Fakultas Pertanian), kemudian Prof Dr Sudi Fahmi (Fakulas Hukum), dan Fakultas Ilmu Budaya Prof Dr Junaidi.

”Semoga ini menjadi motivasi bagi seluruh dosen Unilak, kami mengucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah Swt, Unilak sebagai satu satu perguruan tinggi di Riau yang memiliki Fakultas Ilmu Budaya telah melahirkan guru besar,” ucap Zamzami.

Sebagaimana diketahui Prof Dr Junaidi menjadi guru besar ke-35 perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDikti Wilayah X meliputi; Sumbar, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), dan Jambi.***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww