Ditlantas Polda Riau Ajak Mahasiswa Unilak Tertib Berlalu Lintas

Ditlantas Polda Riau Ajak Mahasiswa Unilak Tertib Berlalu Lintas

Wakil Rektor III Unilak Eddy Asnawi memasangkan helm ke mahasiswa.

Kamis, 21 Februari 2019 11:39 WIB
Rifal Rafigali
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau Rabu(20/2/2019)melakukan Sosialisasi Keselamatan Tertib Berlalu Lintas di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.
Sosialisasi dalam rangka rangkaian program nasional Millenial Road Safety Festival yang serentak digelar di Indonesia.

Sementara untuk Riau akan dilaksanakan pada hari Ahad (24/2/2019) bertempat di hari bebas berkendara di Jalan Jenderal Sudirman.

Acara digelar di aula Pustaka dan dibuka oleh Wakil Rektor III Unilak Bidang kemahasiswaan Dr Eddy Asnawi SH MHum, dihadiri Kasubdit Dikyasa Ditlantas AKBP Elvanis dan diikuti oleh lebih dari 350 mahasiswa Unilak.

Dalam sambutannya Eddy Asnawi menyampaikan terima kasih kepada Polda Riau yang memberikan sosialisasi bagi mahasiswa Unilak.

Menurut dia, sosialisasi ini sangat bermanfaat dan hendaknya bagi mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran untuk tertib berlalulintas baik di lingkungan kampus maupun di jalan raya.

Sementara itu AKBP Elvanis mengatakan mahasiswa adalah agen-agen perubahan agar menjadi lebih baik. Di tangan tangan para mahasiswa inilah nantinya akan lahir calon calon pemimpin.

Elvanis menambahkan dalam berkendara di jalanan kita harus tertib dan ada beretika. Tujuan etika berlalu lintas dapat mengatur individu dalam menggunakan jalan raya sehingga tidak melanggar rambu dan membahayakan pengendara lain saat berkendara.

Berdasarkan data dari kepolisian bahwa generasi milenial termasuk yang paling banyak melakukan pelanggaran. Jika dilihat dari jenjang pendidikan, maka mahasiswa yang melanggar lintas pada tahun 2017 sebanyak 2055 pelanggaran, sementara tahun 2018 ada 2095 pelanggaran.

Maka dari itu dirinya berharap kegiatan di kampus Unilak agar mahasiswa menjadi generasi milenial yang tertib lalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan.

"Kita mengajak mahasiswa untuk hadir di area CFD jalan Sudirman untuk ikut dalam millenial Road Safety Festival, ada hadiah umrah untuk 2 orang, sepeda motor, sepeda, kulkas, televisi dan lain lain,” sebut Elvanis.

Acara sosialisasi juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab, bagi mahasiswa yang beruntung mendapat hadiah. Selain itu juga ada layanan samsat keliling yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Di akhir acara Ditlantas Polda Riau juga mengadakan praktik berkendara roda dua di jalan lingkungan kampus Unilak. Di sini mahasiswa tampak antusias dan semangat mengamati berkendara yang baik dan benar. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww