Home > Berita > Umum

Kegiatan Jumat Berbagi Rezeki di Masjid Al-Muttaqin Bengkalis akan Berlanjut pada ”Ramadan Berbagi”

Kegiatan Jumat Berbagi Rezeki di Masjid Al-Muttaqin Bengkalis akan Berlanjut pada ”Ramadan Berbagi”

Panitia Jum'at Barkah memberikan paket kepada jemaah Salat Jumat Masjid Al-Muttaqin, Jumat (24/2/2023). (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Jum'at, 24 Februari 2023 21:03 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pemandangan yang berbeda terlihat di halaman Masjid Al-Muttaqin Desa Pangkalanbatang, Bengkalis Riau, Jumat (24/2/ 2023).

Begitu para jemaah Salat Jumat akan meninggalkan masjid ini, tepatnya di dua pintu pagar menuju jalan raya, menerima bungkusan paket berisi bubur kacang hijau, semangka, kurma maupun kue dari beberapa kaum ibu yang memakai tanda peserta panitia.

"Ide untuk melakukan kegiatan Jum'at Barkah dengan membagikan sedekah bubur kacang hijau kepada jemaah Salat Jumat datang spontan ke Panitia Pelaksana Peringatan Isra Mikraj Masjid Al-Muttaqin selesai melaksanakan rapat. Tiba-tiba Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Jasnarudin) ada ide macam mana kita bikin sedekah hari Jum'at ini sebelum kita melaksanakan acara Peringatan Isra Mikraj. Insya Allah dan Alhamdulillah, kami bisa melaksanakannya," kata Rohani seorang panitia yang membagikan paket Jum'at Barkah tadi, kepada potretnews.com, Jum'at (24/02/2023).

Diungkapkan Rohani, hal di atas pernah dilakukannya di Majelis Taklimnya. "Alhamdulillah, setelah kami melaksanakan tahun yang lalu, untuk hari ini nampaknya luar biasa, dipenuhi dengan anak-anak dan bapak-bapak untuk melaksanakan shalat Jum'at," tambahnya seraya menyebutkan total keseluruhan paket yang dibagikan sekitar 500-an bungkus paket berasal dari Panitia Pelaksana Peringatan Isra Mikraj sebanyak 250 paket, 50 paket kurma dari Grup Yong Dolah (GYD), 50 paket bihun goreng dari Hamba Allah dan 100 paket kue-kue dari Pejuang Subuh serta tambahan lainnya.

Diutarakan Rohani, mereka berkeinginan melaksanakan kegiatan ini sepekan sekali pada hari Jum'at tetapi tergantung pada dana.

"Mungkin kami akan bikin sekali sebulan dan Insya Allah pada bulan Ramadhan nanti sepekan sekali kami bikin takjil juga untuk dibagikan secara percuma," tutur Rohani yang sekarang juga mengelola Pondok Mengaji di belakang rumah bundanya yang berada di samping kantor desa.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Ketua LPM dan Pengurus Masjid Al Muttaqin, Pejuang Subuh, Grup Yong Dolah, dan yang telah menambah paket Jum'at Barkah serta panitia yang mengerjakan ini dari tadi pagi sampai siang hari ini," katanya di akhir wawancara.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Masjid Al-Muttaqin Muhammad Rafi,SESy sangat suport dengan kegiatan berbagi Jum'at Barkah yang dilaksanakan tadi. "Karena ini berbagi rezeki, rezeki yang kita bagi, kita dapatkan, kita kasih kepada masyarakat untuk masyarakat ikut berbagi juge. Kami berharap kedepannya, kegiatan ini terlaksana setiap Jum'at. Inilah berkah untuk amal ibadah yang kita lakukan biarpun hanya seribu rupiah, ibadah (sedekah) yang kita lakukan ini untuk bekal akhirat kite," terang Rafi yang tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap panitia yang melakukan kegiatan tadi.

Diceritakan Rafi, bahwa pernah melakukan hal yang sama dahulu sebanyak dua kali. Dan kali ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Isra Mikraj yang berkolaborasi dengan Pejuang Subuh, Remaja Masjid, Kadang Taruna dan lembaga desa lainnya serta Pemdes Pangkalan Batang, Camat Bengkalis termasuk juga pejabat di Bengkalis yang telah purna bakti.

"Sedekah" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) salah satunya berarti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.

Sedekah dilakukan atas kemampuan pemberi sedekah itu sendiri. Hal inilah salah satu alasan kebiasaan bersedekah terus dan perlu senantiasa diwariskan dari generasi ke generasi

Pantauan di lapangan, paket yang diterima ratusan jamaah dibawa pulang ke rumah, dengan begitu mereka akan menikmatinya secara bersama-sama meski paketnya hanya seadanya. Undangan Peringatan Isra Mikraj Ahad malam bakda Isya, 26 Februari 2023 juga disampaikan panitia kepada penerima paket Jum'at Barkah. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww