Bersama DKP, TP PKK Bengkalis Sajikan Olahan Pangan Lokal pada Lomba Cipta Menu B2SA Riau

Bersama DKP, TP PKK Bengkalis Sajikan Olahan Pangan Lokal pada Lomba Cipta Menu B2SA Riau
Selasa, 13 September 2022 16:02 WIB
Junaidi Usman

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis bersama Dinas Ketahan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis sajikan makanan olahan pangan lokal pada lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang serta aman (B2SA) tingkat Provinsi Riau tahun 2022 yang digelar di gedung Dharma Wanita Persatuan Provinsi Riau Selasa, (13/9/2022).

Pada lomba ini, peserta asal Negeri Junjungan mendapat dukungan dari Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Siti Aisyah, serta sebagai pembina Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Surya Suhersi dengan hadir langsung di lokasi acara.

Kabupaten Bengkalis di festival tahunan ini mendapatkan undian 10, dengan menyajikan 6 menu, yakni; es martel (markisa, tematu telang), lagar (lalapan segar), pestol (pepes tempe telor), ikan malong kari, gulung ubi saos talor (tahu kelor) dan susu segar. Menu khas ini dimasak oleh anggota TP PKK Kabupaten Bengkalis dan dibimbing Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis.

Selain mengikuti lomba, pada festival pangan lokal B2SA tersebut, Kabupaten Bengkalis turut mengikuti bazar pangan lokal yang diserbu puluhan tamu yang hadir.

Ketua TP PKK Siti Aisyah di sela-sela kagiatan mengungkapkan keikutsertaan Bengkalis dalam lomba tersebut tidak serta merta untuk bertanding merebutkan piala, namun juga guna memacu kreativitas anggota PKK untuk menciptakan menu olahan B2SA yang digemari masyarakat terutama anak di masa tumbuh dan kembang.
”Hari ini, PKK Kabupaten Bengkalis mengikuti lomba, walaupun belum mendapatkan juara, insya Allah kami tidak patah semangat karena ada hal lain yang kami dapat, yakni semangat pantang menyerah dan pengalaman untuk lebih baik lagi,” ujar Siti Aisyah.

Sementara itu, Plt Kadis Ketahanan Pangan Surya Suhersi menyatakan Dinas Ketahanan Pangan akan terus menyuarakan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi menu beragam, bergizi, seimbang serta aman agar generasi penerus asal Negeri Junjungan adalah generasi yang sehat, cerdas dan terhindar dari stunting.
”Gerakan makan sehat dari olahan pangan lokal B2SA akan terus kami semarakkan di Kabupaten Bengkalis, ianya penting selain untuk keberlangsungan generasi yang unggul kedepannya juga sebagai langkah pemanfaatan panganan lokal secara optimal," ucap Plt Kadis Surya.

Surya menegaskan lewat beberapa indikator, besarnya energi maupun gizi yang dibutuhkan bisa dihitung sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Yang paling utama bukan lagi enak dan kenyang, tapi sehat, bergizi dan cukup,” pungkasnya. ***

wwwwww