Home > Berita > Umum

Pasar Seni ”Kesturi”; (Hikayat) Sebatang Pokok yang Menjulang Melampaui Takdirnya

Selasa, 05 Juli 2022 12:46 WIB
pasar-seni-kesturi-hikayat-sebatang-pokok-yang-menjulang-melampaui-takdirnyaTenun Siak yang dijual di Pasar Seni Siak/F-PESONA SIAK

Oleh Tengku Bongsu Syed Ariev

(Tulisan lahir setelah perbincangan bersama Seniman Pemangku Negeri/S.P.N Encik Amrun Salmon mengenai Arah Tujuan Seni dan Budaya di Negeri Istana Siak Seri Inderapura. Terima kasih S.P.N Encik Amrun Salmon.)

Masih terkenang dalam ingatan awal bulan Maret 2015 kegiatan Peresmian Pembukaan Pasar Seni di Siak Seri Inderapura oleh Bupati Siak sekaligus menyematkan nama "KESTURI". Alasan menggunakan nama "KESTURI" karena Hang Kesturi salah seorang dari bersaudara Hang Tuah juga "KESTURI" bermakna bau yang harum mewangi.

Pasar Seni bukanlah pasar biasa, bermaksud dibangun dengan tujuan tempat menjual barang - barang khas suatu daerah yang memiliki nilai seni. Juga menjadi tempat para pengrajin dan pekerja seni berniaga sekaligus membuat barang - barang kerajinan. Sangat berpotensi menjadi "Destinasi Wisata" yang dapat menarik Wisatawan untuk berkunjung. Sentra kegiatan multifungsi, dinamika interaksi sosial, budaya dan ekonomi yang penuh semangat.

Bagaimana pula dengan Pasar Seni "KESTURI"?
Kelihatannya segala fasilitas memadai yang diberikan belum cukup membuat Pasar Seni berjaya dan mahsyur. Selain itu, letak yang strategis (strategic) belum cukup menarik minat pengunjung.
Untuk itu, ada 3 (tiga) hal yang harus menjadi perhatian Pasar Seni ke depan yaitu :

1. Upaya menarik Wisatawan berkunjung ke Pasar Seni "KESTURI". Kerjasama antara lembaga terkait sangat diperlukan.

2. Mengadakan pengamatan dan pembinaan kepada pemilik gerai (kios) Pasar Seni "KESTURI" untuk senantiasa bersemangat dalam menyiapkan barang - barang kerajinan yang bermutu, menarik dan unik, harga terjangkau dan yang utama memiliki nilai kenangan.

3. Merancang dan melaksanakan beberapa agenda ataupun program di tengah - tengah kawasan Pasar Seni "KESTURI". Sangat banyak "Pekerja Seni" di Negeri Istana Siak Seri Inderapura dapat dijemput hadir untuk mengisi program termasuk Anakjati Muda Siak Berbakat yang telah mengharumkan nama Negeri Istana yang sangat kuat nilai sejarah #WarisanKhazanahBangsa.

Pasar Seni merupakan kawasan yang di dalamnya merupakan kegiatan produksi dari kerajinan hidup dan tumbuh di tengah masyarakat, dan dapat juga luar kawasan Siak Seri Inderapura yang menjadi bahagian dalam Kabupaten Siak. Perlu diingat juga bahawa Pasar Seni merupakan bahagian dari kegiatan industri kreatif yang masa ini sangat digalakkan oleh Pemerintah Indonesia di bawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penulis berkeyakinan, dengan semangat membangun negeri serta kerjasama berbagai pihak terkait khususnya Pekerja Seni dan Anakjati Muda Siak Berbakat dapat membawa Pasar Seni "KESTURI" bergelora yang menarik Wisatawan (Lokal dan Internasional) untuk berkunjung ke Negeri Istana Siak Seri Inderapura tidak hanya mengenai "Sejarah" tetapi juga ada kenangan berupa cenderamata (cenderahati) dapat dijadikan kenangan dan cerita yang indah.
Sehingga Pasar Seni "KESTURI" menjadi SEBATANG POKOK YANG MENJULANG MELAMPAUI TAKDIRNYA. ***

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06072022/potretnewscom_3mftu_2409.jpgPenulis, Tengku Bongsu Syed Ariev adalah Ketua Siak Heritage.

Kategori : Umum
wwwwww