Home > Berita > Umum

Cerita Antrean Belasan Jam di Pelabuhan Ro-Ro Bengkalis

Cerita Antrean Belasan Jam di Pelabuhan Ro-Ro Bengkalis

Ka UPT Penyebrangan Ferdaus Saputra bersama ghorim Abdul Darmansyah dan Munir bin Ibrahim seorang pengguna jasa penyeberangan, Jumat (6/5/2022) kemarin.

Minggu, 08 Mei 2022 08:16 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — "Hiasi diri indah. Riangkan hati gundah. Bersihkan jiwa sesuci lebaran. Agar sempurna amalan. Berdoalah insan. Di pagi raya. Moga-moga terampun dosa" lagu Sesuci Lebaran yang didendangkan Siti Nurhaliza terdengar jelas dari pengeras suara di pelabuhan penyeberangan Ro-Ro (roll-on/roll-off) Airputih, Bengkalis, Jumat (6/5/2022) malam.

Jika tak salah, 6 lajur antrian yang berisi 3 baris kendaraan roda empat perlajur ditambah antrian mulai samping mushola Usman bin Affan hingga lewat tempat penjualan tiket terparkir dengan rapi.

Di antara kendaraan ini, ada sekitar 200an unit mobil merupakan sisa antri pada malam sebelumnya, Kamis (5/5/2022) pukul 23.00 WIB dan Jum'at, pukul 03.00 WIB dan selepas itu.

Meskipun warga pengguna jasa penyeberangan antri hingga belasan jam, suasana nyaman dan tenteram jelas terlihat. Bahkan, semakin tenang kala bacaan imam sholat fardhu Magrib berjama'ah dari mushola tadi menggena dari pengeras suara membahana sekitar pelabuhan.

Apakah ketenangan dan kenyamanan ini disebabkan oleh lagu lebaran yang terus terdengar ataukah oleh imam salat tadi atau oleh jiwa-jiwa pengguna jasa penyeberangan yang memang telah memaklumi dilema antri di Pulau Bertuah ini. Yang jelas, ada satu jiwa ikhlas yang mengurusi mushola di atas, dia lah Abdul Darmawansyah seorang mahasiswa semester IV Jurusan Perkapalan di Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) asal Desa Banglas Kabupaten Kepulauan Meranti ini.

Ditemui di belakang mushola, Abdul alamni Pesantren Darul Falah Desa Pematang Duku tahun 2018 yang tinggal di mushola pelabuhan terlihat tengah mengumpulkan sampah di "Peron" petang semalam menjelang Maghrib. Sebagai ghorim, Abdul bekerja dengan ikhlas dan hanya digaji oleh Allah SWT sehingga saat melakukan kerja selain membersihkan musala dan halaman, sampai menyiapkan suplai air di kamar mandi dan tempat berwudhu, wajahnya selalu tersenyum.

"Saye keje tegantung, kalau banyak sampah ye langsung dibersihkan. Alhamdulillah saye tak digaji, saye keje seikhlasnye. Kalau pun imam, saye menghargai yang lebih tue," kata Abdul Darmansyah kepada jurnalis media ini, Jum'at (6/5/2022) kemarin.

Didapat informasi dari Ka UPT Penyebrangan Bengkalis Ferdaus Saputra, sejak Rabu (04/05/2022) telah keluar 1.000an unit mobil dari pelabuhan Ro-Ro Air Putih, pulau Bengkalis tujuan pelabuhan Ro-Ro Sungai Selari, pulau Sumatera. Tentunya, jumlah ini bertambah hingga Sabtu (7/5/2022) walaupun pantauan jurnalis media ini petang tadi tidak terlihat antrian di simpang empat jalan masuk ke pelabuhan tepatnya di samping SPBU Air Putih.

Dikatakan Ka UPT Penyebrangan Ferdaus, sekitar sepanjang 3 kilometer antrian mobil pada Jum'at kemarin. Salah satu penyebabnya adalah hanya 4 armada Ro-Ro yang melayani namun pada pukul sepuluh menjadi 5 armada. "Tetap juga ramai, kita mainkan enam (armada Ro-Ro) kapal. Alhamdulillah, sekarang sekitar lapan ratus meter lah antrian hingga saat ini," kata Ka UPT Penyebrangan Ferdaus Jumat malam kemarin.

Ramainya warga yang merupakan penumpang ratusan mobil tadi, sehingga sampah terlihat berserakan di selokan, pembatas lajur dan beberapa tempat lainnya. Tong sampah yang ada juga terlihat penuh. Atas hal ini, Ka UPT menyebutkan ada 4 tong sampah disiapkan di setiap lajur yang pembersihan dilakukan petugas setiap 2 jam sekali. "Mungkin kesadaran masyarakat saja yang ingin membuang sampah terlalu jauh dari tong sampah," ungkapnya seraya menambahkan pada 2022 ini ada 90 tong sampah dibagi ke Pelabuhan Bandar Sri Laksamana, Pelabuhan Ro-Ro Bengkalis, Sungai Selari dan Pelabuhan Ro-Ro Rupat.

Ka UPT kelahiran tahun 1994 ini mengaku inti kenyamanan bisa diciptakan berkat koordinasi bersama pimpinan, pihak struktural, TNI dan Polri yang ditugaskan sejumlah sekitar 30an orang dan Dinas Lingkungan Hidup menyiapkan 15 toilet portabel disiapkan untuk mensukseskan mudik lebaran tahun 1443 Hijriyah.

Di masa Ka UPT Ferdaus, antrian panjang tidak dipermasalahkan oleh para pengguna jasa penyeberangan karena tidak ada yang menerobos masuk tanpa ikut antri menyeberang.

Sementara itu, Waka Polsek Bengkalis Iptu Kasmandar Subekti menyebutkan ada 7 personil polisi bekerja 24 jam tanpa mengenal lelah demi pengguna jasa penyeberangan dari dua arah ini selalu tertib dan lancar. Di setiap pintu gerbang masuk dan keluar dijaga petugas dari Kepolisian, Kodim 0303/ Bkls dan Satpol PP.

"Harapan saya kepada pemudik harus bersabar dan baca situasi bisa melalui CCTV Bengkalis. Khusus untuk roda dua dari Bengkalis, saya berharap jangan berangkat pagi karena pagi hampir penuh sampai pertigaan simpang masuk (dekat SPBU)," beber Waka Polsek Iptu Kasmandar Subekti.

Kepada awak media, Ka UPT Penyebrangan Ferdaus Saputra Sabtu, (07)04/2022) menyebutkan hari ini hanya 5 armada yang dioperasikan, jika Ahad esok kembali terjadi lonjakan maka, "Akan kita siapkan KMP Swarna Putri itu untuk besok (Ahad dioperasikan)," kata Ka UPT Ferdaus seraya mengungkapkan 2 dermaga bisa digunakan pada Ro-Ro trip pertama hingga sekitar jam sepuluh pagi karena situasi air pasang naik. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww