Home > Berita > Umum

Sempolet, Makanan Khas Kepulauan Meranti, Sedap Dinikmati Selagi Hangat

Sempolet, Makanan Khas Kepulauan Meranti, Sedap Dinikmati Selagi Hangat
Selasa, 26 April 2022 10:11 WIB

KEPULAUAN MERANTI, POTRETNEWS.com — Kabupaten Kepulauan Meranti , Riau merupakan daerah penghasil sagu terbesar di Indonesia. Hal ini juga yang membuat kabupaten termuda di Riau ini memiliki sejumlah makanan khas yang diolah dari bahan sagu. Salah satunya yang khas dan cukup terkenal adalah sempolet.

Sempolet kaya akan identitas budaya Melayu Riau , walaupun makanan ini juga dapat ditemukan pada masyarakat Melayu di Riau pesisir seperti di Bengkalis maupun Siak. Sempolet juga menjadi spesial bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti karena berbahan baku sagu yang merupakan komoditi utama asal kabupaten tersebut.

Sekilas, tekstur Sempolet sangat mirip seperti sup kental juga mirip makanan khas Papua, Papeda. Jika Papeda dinikmati bersama ikan, Sempolet justru variatif.Sempolet diibaratkan seperti cream soup berkuah pedas, namun terbuat dari sagu yang dicampur dengan sayuran pakis beserta udang, teri, siput atau daging lokan (sejenis kerang).

Perpaduan makanan ini menunjukkan pemanfaatan kearifan lokal yang optimal oleh masyarakat setempat. Meskipun sempolet terbuat dari sagu yang mengandung protein lebih rendah daripada beras, tetapi pembuatan sempolet didukung oleh bahan-bahan yang kaya serat dan protein.

Sayuran hijau termasuk pakis-pakisan, kangkung serta daun lainnya mengandung serat dan vitamin yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Udang juga mengandung kadar protein yang tinggi karena mengandung asam amino. Hal ini menyebabkan sempolet tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menjadi asupan protein dan serat yang bermanfaat bagi tubuh.

Sempolet dapat dinikmati selagi hangat sebelum mengental karena dingin. Sempolet tidak bisa dipanaskan berulang-ulang karena akan mengubah rasa dan bentuknya.Oleh karena itu, sempolet jarang dijual dan hanya dibuat di rumah pada acara-acara tertentu seperti acara tradisi, perhelatan pemerintahan di kabupaten, atau hari-hari besar lainnya.

Untuk Kepulauan Meranti masakan ini cukup banyak ditemukan di Selatpanjang salah satunya yang cukup terkenal yaitu Warung Mi Sagu Bude di jalan Rintis, Selatpanjang. Sang pemilik adalah Jumiati atau yang akrab disapa Bude ini mengatakan bahwa ia telah memulai bisnis kuliner tersebut sejak tahun 1986 dan menu andalannya adalah mi sagu dan sempolet.

"Dulu harganya hanya Rp 10 dan awalnya hanya mi sagu, tapi karena daerah kita khas melayu kita buat lagi menu sempolet dan peminatnya masih banyak," ujar Jumiati saat ditemui di warungnya beberapa waktu lalu.

Untuk satu porsi sempolet harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, Bude menjualnya dengan harga Rp 10 ribu. Bude mengatakan dengan menjual sempolet dirinya juga menunjukkan identitas budaya Melayu di Kepulauan Meranti.

"Karena sering juga ada yang pesan untuk acara-acara khusus, dan sempolet ini sebagai menu yang khas untuk disajikan," tutur Bude.

Walaupun saat ini untuk warung yang menyediakan sempolet tidak banyak di Selatapanjang , Bude tetap mempertahankan karena menilai masakan sempolet tetap menjadi pilihan pasti bagi banyak masyarakat dan identitas yang menggambarkan kearifan lokal.

"Karena sempolet tetap jadi favorit, apalagi banyak orang dari luar sepeeti Malaysia atau Jakarta datang carinya sempolet. Walaupun kadang banyak juga yang belum tahu dimana jualnya," jelasnya.

Selain itu dikatakannya untuk bahan baku maupun penyajiannya tidak sulit. "Bahannya juga tidak susah dan memasaknya tidak lama," tambah Bude. Untuk diketahui Sempolet  juga turut mengantarkan Provinsi Riau juara meraih juara II di ajang Festival Kuliner Nusantara.

Festival itu merupakan salah satu serangkaian acara dalam rangka HUT Ke 42 Indonesia Indah'>Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang digelar pada April 2017 lalu. Karena kelezatan dan keistimewaannya saat ini sempolet masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori Makanan Tradisional Terpopuler. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : tribunnews.com
Kategori : Umum, Meranti
wwwwww