Home > Berita > Umum

Rekomendasi Wisata Riau yang Wajib Didatangi, Bikin Liburan Kian Berkesan

Rekomendasi Wisata Riau yang Wajib Didatangi, Bikin Liburan Kian Berkesan
Senin, 25 April 2022 11:15 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Kadang, kita senantiasa membutuhkan hiburan untuk keluar sejenak dari rutinitas hidup. Hal tersebut yakni seperti pergi melakukan perjalanan wisata atau liburan bersama orang-orang terdekat.

Jika Anda sedang mempertimbangkan beberapa lokasi untuk dituju, rekomendasi yang satu ini wajib untuk menjadi referensi. Salah satu destinasi wisata di dalam negeri yang banyak menyajikan panorama khas dan cocok untuk menjadi lokasi liburan yakni Provinsi Riau.

Banyak dari wisata Riau dengan harga terjangkau yang akan siap memanjakan mata Anda. Riau sendiri adalah salah satu provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Sumatra.Letaknya yang cukup strategis ini membuat wilayah Riau banyak memiliki wisata menarik untuk dikunjungi. Selain itu, wisata kulinernya pun juga tak kalah menggiurkan untuk dicicipi.

Nah, penasaran dengan beberapa rekomendasi destinasi wisata Riau yang begitu menarik tersebut? Melansir dari berbagai sumber, berikut rangkuman selengkapnya mengenai rekomendasi wisata Riau yang tepat dijadikan sebagai referensi untuk Anda.

1. Sungai Kampar

Destinasi wisata Riau pertama yang perlu dikunjungi yakni Sungai Kampar. Jika Anda mendengar berselancar hanya dapat dilakukan di kawasan pantai, nampaknya hal tersebut tak lagi benar. Di lokasi ini, Anda dapat mencoba olahraga selancar yang begitu mengasyikkan. Sungai Kampar menjadi lokasi wisata berselancar yang cukup terkenal di kancah internasional.

Meski hanya berupa sungai, namun gelombang yang dihasilkan dari arus cepat dan kedua tanggul yang seringkali memecah. Bahkan, Anda dapat berselancar dengan kecepatan hingga 40 km/jam.

2. Istana Siak Sri Indrapura

Rekomendasi wisata Riau yang berikutnya yakni Istana Siak Sri Indrapura. Wisata yang satu ini tepatnya berlokasi di Pekanbaru atau pusat kota dari Provinsi Riau. Istana yang memiliki bangunan cantik dan berkelas ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak dengan atmosfir Melayu cukup kental.

Selain menikmati kesejukan alamnya yang tak tertandingi, Anda juga dapat mengabadikan momen dengan berswafoto dengan bangunan maupun benda-benda peninggalannya yang unik.

3. Ulu Kasok

Lokasi wisata Riau lainnya yang menarik untuk dikunjungi yakni Ulu Kasok. Jika dilihat sekilas, Ulu Kasok memiliki pemandangan yang mirip dengan Raja Ampat dengan berbagai gugusan pulau kecil nan cantik. Bahkan, wisatawan seringkali menyebutnya dengan Raja Ampat ala Kampar. Secara langsung, Anda dapat berkeliling ke tiga pilihan wisata yang ditawarkan di kawasan ini.

Anda dapat memilih untuk berwisata alam di air terjun Ulu Kasok, wisata pulau dengan mengendarai speedboat, atau cukup menikmati pemandangan dari Puncak Ulu Kasok. Untuk menikmatinya, Anda dapat berkunjung secara langsung ke Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII, Koto Kampar.

4. Candi Muara Takus

Jika Anda ingin berwisata sejarah selain berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura, destinasi wisata yang satu ini perlu dipertimbangkan. Candi Muara Takus merupakan salah satu bentuk peninggalan umat Buddha di kawasan Riau.

Untuk dapat menikmati pemandangannya, Anda cukup berkunjung ke Desa Muara Takus Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar. Salah satu daya tarik dari candi yang satu ini yakni material pembuatannya. Candi ini dibangun dari berbagai bahan seperti batu pasir, batu bata, hingga batu sungai.

5. Pulau Jemur

Destinasi wisata Riau yang kelima yakni Pulau Jemur yang terletak tak jauh dari pusat Kabupaten Rokan Hilir. Sama halnya dengan Ulu Kasok, Pulau Jemur juga memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang cantik. Wisatawan juga dapat menikmati wisata Goa Jepang, Menara Suar, serta berbagai peninggalan sejarah yang masih tertata rapi di kawasan ini. Jika Anda penggemar hewan menggemaskan, Anda juga dapat melihat beragam spesies penyu yang unik.

6. Desa Okura

Destinasi wisata Riau yang keenam yakni Desa Okura. Desa Okura merupakan salah satu desa wisata yang menyajikan banyak keunikan khas dari Provinsi Riau. Anda bersama orang-orang terdekat dapat berwisata alam sambil menyusuri sungai, bersepeda di antara pepohonan sagu, hingga berkuda di padang pasir. Berbagai sajian kebudayaan tradisional pun juga dapat Anda nikmati di lokasi wisata yang satu ini.

7. Majid Agung An Nur

Provinsi Riau juga memiliki area masjid agung yang begitu menarik dan sayang untuk dilewatkan. Banyak yang menyebut, Masjid Agung An Nur ini merupakan masjid yang termegah di Pekanbaru.

Tak hanya itu, desain bangunannya pun cukup unik dengan memadukan gaya Turki, India, Melayu, serta Arab. Hal ini membuat daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan momen.

Masjid yang satu ini tak hanya banyak dikunjungi sebagai tempat ibadah suci bagi umat Islam. Namun, masjid ini pun juga menjadi kawasan yang ramai dengan berbagai sajian kuliner khas Pekanbaru hingga pakaian yang dijajakan para penjualnya dengan ramah.***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : Merdeka.com
Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww