Home > Berita > Umum

Ngabuburit Produktif, Ini 9 Pilihan Aktivitas Menunggu Buka Puasa Sambil Meningkatkan Kualitas Diri

Ngabuburit Produktif, Ini 9 Pilihan Aktivitas Menunggu Buka Puasa Sambil Meningkatkan Kualitas Diri
Minggu, 24 April 2022 08:06 WIB

POTRETNEWS.com — Ngabuburit atau menunggu azan Maghrib yang menandakan masuknya waktu berbuka puasa adalah momen yang sangat terasa di bulan Ramadhan. Biasanya banyak orang beramai-ramai menanti buka puasa dengan santai dan ringan.

Banyak juga waktu yang dihabiskan dengan bermain media sosial. Tapi untuk lebih bermakna menunggu buka puasa sambil meningkatkan kualitas diri adalah pilihan tepat, berikut 9 pilihan aktivitas buat ngabuburitmu lebih produktif, simak yuk:

1. Membaca Al-Qur'an 

Bulan puasa merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah. Bagaimana tidak, Allah SWT melipatgandakan nilai pahala di bulan ini, sehingga jangan sampai melewatkan kesempatan emas tersebut.

Salah satu ibadah yang lebih digalakkan lagi di Bulan Ramadhan adalah mengaji. Bila sehari-hari kamu membaca Al-Qur'an saja, kini mencoba untuk turut memahami isinya. Pelajari arti setiap ayat, sehingga kamu bisa memahami apa hal penting yang Allah SWT sampaikan melalui kitab-Nya tersebut.

2. Membaca Buku

Kegiatan membaca buku memiliki banyak keuntungan jika dilakukan secara teratur. Dengan waktu untuk mencari bacaan informatif dan menghibur, kamu dapat mengetahui pengetahuan sekaligus membuat tubuhmu lebih rileks. Nah, di bulan puasa ini, yuk isi waktumu dengan membaca bacaan yang informatif dan menghibur.

3. Berolahraga

Kata siapa kamu nggak bisa berolahraga saat berpuasa? Ngabuburit adalah waktu yang tepat untuk kamu mulai berkeringat. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, kok. Kamu bisa melakukan meditasi dengan mengikuti latihan yoga. Selain bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar, yoga dapat menenangkan dirimu dari padatnya rutinitas sehari-hari.

4. Menonton Film

Nggak suka membaca buku atau berolahraga? Waktu ngabuburit juga bisa diisi dengan kegiatan menonton film. Ada sejumlah tema berbeda film dalam dan luar negeri yang bisa kamu pilih serta masih tayang di bioskop.

5. Bersilaturahmi dengan Kerabat

Mempererat tali silaturahmi itu nggak hanya dapat dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Kamu juga bisa kok mulai menjalin tali silaturahmi dengan kerabatmu saat ngabuburit. Cukup menelpon atau video-call aja, kerabatmu pun pasti senang.

6. Belajar Masak

Kamu memiliki hobi memasak? Ngabuburit itu waktu yang pas loh buat kamu yang punya hobi memasak untuk mempelajari resep makanan baru. Tinggal buka resep pilihan yang akan kamu coba dan mulai berkreasi.

7. Membereskan Lemari Baju

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit adalah membereskan lemari baju. Ngaku deh, udah berapa lama kamu nggak memisahkan mana baju yang masih kamu pakai dan mana yang tidak? Daripada kamu membiarkan tumpukan baju lama tertimbun di bawah tumpukan baju yang baru kamu beli, yuk sumbangin aja baju lama kamu ke panti asuhan terdekat.

8. Berburu Diskon Belanja

Saat ngabuburit juga bisa kamu isi dengan kegiatan berburu diskon belanja. Tak perlu keluar rumah sambil berdesak-desakan di mall. Cukup bermodal smartphone kamu bisa mendapatkan beragam penawaran menguntungkan, kok

9. Ikut Menu Bukaan di Masjid Terdekat

Ngabuburit juga bisa kamu isi dengan kegiatan bakti sosial seperti ikut mempersiapkan menu bukaan di masjid terdekat. Selain waktu luang yang lebih bermanfaat, dengan mengikuti kegiatan seperti ini, kamu juga bisa mendapatkan banyak pahala di bulan Ramadhan. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : Haluanriau.co
Kategori : Umum
wwwwww