Home > Berita > Umum

Galopuong Ngango, Bola-bola Kenyal Isi Gula Merah yang Enak Buat Buka Puasa

Galopuong Ngango, Bola-bola Kenyal Isi Gula Merah yang Enak Buat Buka Puasa
Sabtu, 23 April 2022 17:15 WIB

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Bahan pembuatan galapuong ngango tergolong sederhana yaitu tepung, gula, daun pandan, dan santan. Seluruh bahan ini diaduk dan dikukus sekitar 10 menit.

Setelahnya, galapuong ngango disajikan di mangkuk beralas daun pisang. Banyak orang menyukainya karena memiliki rasa manis legit dengan aroma pandan yang harum nikmat.

Di Kampar, masyarakatnya selalu menyajikan galapuong ngango saat acara Makan Bajambau. "Galopuong ini kuliner khas masyarakat di Kampar. Sekarang menjadi cemilan klasik masyarakat," cerita seorang warga, Ilham saat berbincang dengan detikSumut.

Selain galopuong mengango, ada pula galopuong ondam. Keduanya dibuat dengan bahan yang sama, hanya saja disajikan dalam bentuk bulat-bulat.

"Kalau galopuong ngango bentuknya bulat dan terbuka bagian atas, terlihat ada gula merahnya. Kalau ondam itu bulat-bulat dia dan direndam juga, penyajian yang beda. Ngango kalau bagi masyarakat di Kampar itu artinya menganga," kata Ilham.

Bagi Anda yang hendak mencicipi kuliner khas ini, cukup mudah. Anda hanya tinggal menyambangi toko-toko kuliner di sana. Camilan satu ini dijual dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu. Murah dan enak! ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : food.detik.com
Kategori : Umum, Kampar
wwwwww