Home > Berita > Umum
*Untuk Porprov X, Pemkab Gelontorkan Dana Rp15 Miliar

Berbuka Puasa Jadi Momen Ketua KONI Berikan Arahan agar Bengkalis Juara Umum Porprov X Riau

Berbuka Puasa Jadi Momen Ketua KONI Berikan Arahan agar Bengkalis Juara Umum Porprov X Riau

Kiri-Kanan Ketua KONI Darma Firdaus, Kadis Parbudpora Edi Sakura dan putra Bupati Bengkalis setelah selesai diwawancarai awak media, Kamis (21/04/2022).

Jum'at, 22 April 2022 18:10 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Dalam usaha dan upaya mempertahankan 2 kali peraih gelar Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau dan kembali meraih gelar juara untuk ketiga kalinya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis menggelar do'a bersama pada Kamis, 21 April 2022.

Acara dilaksanakan di halaman Kantor KONI Jalan Sri Pulau diisi dengan Tausyiah, menyerahkan santunan kepada anak yatim dan Berbuka Puasa Bersama yang diikuti seratusan hadirin dari kalangan Pengurus Cabang Olahraga dan atlet.

Ketua KONI Kabupaten Bengkalis, Darma Firdaus di awal sambutannya menyampaikan perubahan susunan dan mengisi beberapa kekosongan pengurus KONI Kabupaten Bengkalis agar target meraih juara umum makin kuat, makin semangat dan makin berkat.

Kepada pengurus yang baru, Darma Firdaus mengucapkan selamat datang dan bergabung di KONI Kabupaten Bengkalis. Karena ada target sebagai juara umum Porprov X Tahun 2022 di Kuantan Singingi, kepada pengurus diharapkan untuk bisa menjadi sebuah amunisi baru, semangat baru untuk saling bersinergi bersama pengurus cabang olahraga khususnya yang akan berlaga dalam Porprov X nanti.

"Ada beberapa kendala yang terjadi KONI Riau dan PB Porprov, kurangnya kesiapan dan waktu yang semakin mepet karena kepengurusan KONI Riau baru saja didapatkan SKnya," kata Darma Firdaus seraya menambahkan ada beberapa statemen yang sangat merugikan Kabupaten Bengkalis tapi sudah diklarifikasi dan tidak dipublikasikan melalui media misalnya Cabor Muaythai mau dihilangkan. "Saya tidak terima karena itu salah satu andalan Kabupaten Bengkalis," tambahnya.

Ditegaskan Darma Firdaus ketetapan itu harus melalui sebuah rapat, tidak ada hak bagi KONI Provinsi Riau ataupun PB Porprov melakukan perubahan secara sepihak. Untuk itu, Darma Firdaus berharap kepada pengcab yang ikut Porprov X untuk selalu intern memberikan informasi tentang nomor-nomor yang akan diputuskan dalam Rapat Kerja nantinya. Jika berdiam diri dan tidak komplain maka itu akan menjadi sebuah keputusan yang final yang bisa saja merugikan atlet Kabupaten Bengkalis.

"Diketahui, barometer KONI Riau dalam Porprov itu adalah PON, itu salah, itu tidak bisa diterima begitu saja. Jika mengikuti PON, itu nomor-nomor yang dilombakan sangat sedikit ini akan mengakibatkan adik-adik yang ikut cabang olahraga di luar PON akan malas latihan karena target itu tidak ada," tegas Darma Firdaus.

Disebutkan Darma Firdaus, cabor Kempo dari 27 nomor dalam Porprov sebelumnya di Kabupaten Kampar hanya tinggal 17 nomor saja.

Sementara itu, Bupati Bengkalis yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kadis (Parbudpora) Kabupaten Bengkalis memberikan Salam Bermasa, Bermarwah, Maju dan Sejahtera serta ucapan selamat berpuasa. Bupati Kasmarni juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada keluarga besar KONI Kabupaten Bengkalis yang selama ini telah banyak mendukung visi dan misi Pemkab Bengkalis. Ucapkan terima kasih juga disampaikan Bupati bkepada seluruh pembina, pelatih, ofisial olahraga di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini yang akan berangkat ke Porprov X di Kuansing nantinya.

Kepada atlet, official dan pelatih Kabupaten Bengkalis, Bupati Kasmarni berpesan agar menjaga nama baik Kabupaten Bengkalis, jaga kekompakan dan kebersamaan yang terjalin.

"Tanpa kebersamaan mustahil gelar juara dapat diperoleh. Selanjutnya kepada atlet kami berpesan tanamkan jiwa sportivitas dalam mengikuti kejuaraan Porprov X nantinya," kata Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Setelah selesainya acara, Kadis Parbudpora Edi Sakura menjawab pertanyaan awak media mengatakan, "Ini wujud salah satu motivasi, dengan do'a dan usaha kita berharap kepada pelatih, atlet dan official agar Porprov ini kita mendapatkan juara umum kembali. Pemkab Bengkalis full mendukung sesuai dengan apa yang diharapkan dari KONI Kabupaten Bengkalis dengan menganggarkan lebih 15 miliar rupiah khusus Porprov, kalau operasionalnya hampir 20an miliar rupiah. Dengan anggaran sebesar ini, Insya Allah, KONI Kabupaten Bengkalis punya niat keras agar ini tetap berhasil (meraih juara umum). Kita berharap kepada Pengcab dan atlet agar betul-betul fit dan tetap semangat dalam melakukan pelatihan. Jaga kesehatan karena kesehatan itu merupakan faktor utama keberhasilan kita juga," harap Edi Sakura.

Ketua KONI, Darma Firdaus pula kembali menegaskan, "Cabor yang akan dipertandingkan dalam Porprov X tahun 2022 wajib dimusyawarahkan dalam Rapat Kerja (Raker) KONI Provinsi Riau. Jika tidak melalui itu, itu tidak bisa dan cacat demi hukum. Kita akan mempertahankan cabang-cabang olahraga yang menjadi andalan kita walaupun ada beberapa teknis yang mungkin belum selesai dibahas di provinsi tapi pada dasarnya kawan-kawan di cabang olahraga yang akan dipertandingkan Insya Allah sudah siap 85% karena TC lagi berjalan dan telah diresmikan (Bupati Bengkalis beberapa pekan lalu). Menjelang TC penuh, Insya Allah sudah 100% untuk kita siap berangkatkan atlet kita ke Porprov X Kuansing. Sekali lagi saya tekankan mengenai hal cabang olahraga itu nanti tetap akan dibicarakan sehabis lebaran di Rapat Kerja Provinsi Riau sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga," tegas Darma Firdaus.

Hingga saat ini 27 nomor akan dilombakan dalam Porprov 10 2022 tetapi ada penambahan yang belum melalui rapat kerja provinsi sehingga menjadi 31 nomor. Cabor yang belum melakukan TC Insya Allah habis Rapat Kerja KONI Provinsi Riau melakukannya TC.

Saat jurnalis media ini menanyakan tentang bonus yang dijanjikan akan diberikan kepada atlet penyumbang medali, Ketua KONI Darma Firdaus menyebutkan akan dibahas nantinya bersama Pemkab Bengkalis melalui Dinas Parsenibudpora Kabupaten Bengkalis.

"Insya Allah akan memuaskan lah bagi atlet Kabupaten Bengkalis," beber Ketua KONI Kabupaten Bengkalis Darma Firdaus di akhir wawancara. ***

Kategori : Umum
wwwwww