Home > Berita > Umum

Demi Kesehatan, 11 Warga Binaan Rutan Karimun Minta Disunat

Demi Kesehatan, 11 Warga Binaan Rutan Karimun Minta Disunat
Minggu, 03 April 2022 15:10 WIB

KARIMUN, POTRETNEWS.com — Sebanyak 11 orang warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menjalani operasi khitan atau sunat pada Sabtu (2/4/2022).

Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Yogi Suhara mengatakan, khitanan tersebut merupakan permintaan langsung dari belasan warga binaan kepada pihaknya.

"Ada 11 orang warga binaan yang meminta untuk dikhitan atau disunat, ini permintaan mereka secara langsung kepada kami," kata Yogi Suhara usai menyaksikan proses sunatan massal tersebut.

Yogi menjelaskan, bahwa pihaknya langsung berkoordinasi dengan DPP Laskar Melayu Serumpun (LMS) Kepri usai mendengar permintaan dari warga binaan tersebut. Pasalnya, kata dia, LMS pernah bekerja sama untuk menggelar sunatan massal di Rutan Karimun pada tahun 2019 lalu, melansir Kompas.com.

"Terima kasih kepada LMS Kepri yang telah berpartisipasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan kami," jelas Yogi.

Melki, salah seorang warga binaan yang berusia 31 tahun mengaku bahwa khitanan tersebut atas kemauannya sendiri. Menurutnya, khitanan tersebut sangat baik bagi kesehatan.

"Disunat itu sangat baik untuk kesehatan, makanya saya mau dikhitan. Kemudian, saya beritahu teman-teman yang lain dan ternyata mereka mau ikut juga," kata Melki warga Binaan yang beragama Kristen Protestan.

Usai digelarnya khitanan itu, Ketua DPP LMS Kepri Datuk Azman Zainal menyambut baik dan mengaku bangga dengan warga binaan yang ingin di khitan. Apalagi, kata dia, warga binaan yang menjalani khitan tersebut ada yang beragama Kristen dan Buddha.

"Kami sangat bangga kepada warga binaan yang mau dikhitan, tidak hanya beragama Islam saja tapi ada yang Kristen dan Budha," Kata Datuk Azman. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww