Ini Pesan Bupati Bengkalis kepada 147 Pejabat yang Diambil Sumpah dan Dilantiknya

Ini Pesan Bupati Bengkalis kepada 147 Pejabat yang Diambil Sumpah dan Dilantiknya

Bupati Bengkalis, Kasmarni saat menyampaikan pengarahan kepada 147 PTP, Administrator, Pengawas dan Fungsional, Kamis 31 Desember 2022 siang.

Kamis, 31 Maret 2022 20:51 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — ”Menjaring ikan di Selat Malaka, Tempat berlabuh di Tanjung Jati, Menjadi pejabat haruslah peka, Tunjukkan kerja dengan prestasi" adalah pantun Bupati Bengkalis, Kasmarni di akhir pengarahannya dalam agenda Pengambilan Sumpah dan Pelantikan seramai 147 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kamis 31 Desember 2022 siang.

Pantun lain yang disampaikan di acara tersebut yakni, ”Misi daerah jadi pemikat, Tagline kita Bengkalis bermasa, Kinerja ASN dan pejabat harus meningkat, Menuju Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera".

Dikatakan Bupati Kasmarni dalam acara yang dilaksanakan di ruang Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis ini, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut, sejatinya diletakkan atas dua tujuan, yaitu untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan perangkat daerah dan yang kedua, bagian dari pola pembinaan karier pegawai, guna meningkatkan kinerja, dalam mempercepat tercapainya visi, misi serta program unggulan daerah.

"Karena ukurannya adalah kinerja, maka pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini harus dimaknai dari sudut kepentingan pemerintah daerah, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan-kepentingan tertentu," kata Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Sebelumnya, Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas juga memberikan ucapan selamat dan tahniah kepada para pejabat yang telah dilantik dengan menyelipkan sejumlah pesan penting.

"Jadilah pejabat yang amanah, peka terhadap situasi, selalu mengakomodir berbagai aspirasi, tanggap dan tidak hanya memikirkan diri sendiri. Terus tingkatkan kinerja, maksimalkan pekerjaan sesuai bidang tugas yang telah dipercayakan serta selalu munculkan ide-ide dan inovasi untuk membangun Kabupaten Bengkalis Bermasa," pesan Kasmarni.

Dengan sikap tegas, Kasmarni meminta kepada seluruh pejabat yang dimutasi, pertama, tidak membawa aset ketempat kerja yang baru. Kedua, agar mempercepat pengusulan KPA dan USER ID guna mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

"Kepada Kepala BKPP, saya perintahkan, SK pelantikan ini jangan diserahkan, sebelum pejabat yang dilantik melampirkan bukti serah terima asetnya," perintah Kasmarni.

Menurut Kasmarni, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama harus dapat memotivasi ASN melalui kepeloporan dalam bidang tugas, pengembangan kerjasama dan keteladanan dalam menjalankan nilai dasar, kode etik dan perilaku.

Sedangkan kepada Pejabat Administrator, diminta agar benar-benar berkorelasi positif bagi peningkatan kinerja, disiplin serta kualitas dalam pelaksanaan seluruh program dan kegiatan pelayanan publik, serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Ketua DPRD Sofyan,SPdI,MPdI, Kapolres Bengkalis diwakili Wakapolres Bengkalis Kompol Irnanda Oktaria,SIK,MT, Kejari Bengkalis Rakhmat Budiman, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Yona Lamerossa Ketaren.

Kemudian Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Kepala BKPP Djamaluddin dan seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. ***

wwwwww