Home > Berita > Umum

"Sipintar" Perdana di Kabupaten Bengkalis Digelar di KUA Kecamatan Mandau

Sipintar Perdana di Kabupaten Bengkalis Digelar di KUA Kecamatan Mandau
Kamis, 10 Maret 2022 16:31 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (UPT Disdukcapil) Kecamatan Mandau bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandau, melaksanakan salah satu program Bupati Bengkalis Kasmarni yang diberi nama Sipintar singkatan dari Sistem Pelayanan Inovasi Nikah Terintegrasi.

Pelaksanaan program yang perdana di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini bertempat di Gedung Pertemuan RW Kelurahan Talang Mandi, Kecamatan Mandau pada hari Senin (07/03/2022) kemarin.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandau Saim,SAg menyambut dengan senang hati program Sipintar yang ditawarkan Bupati Bengkalis melalui Dukcapil dan Camat Mandau yang mana nantinya setelah melaksanakan akad nikah, setiap pasangan akan langsung menerima buku nikah, kartu keluarga (kk) baru yang terpisah dari kartu keluarga sebelumnya dan juga kartu tanda penduduk (KTP) yang telah diperbaharui status perkawinannya dari yang sebelumnya belum kawin menjadi kawin.

Sementara itu, Camat Mandau Riki Rihardi,SSTp,MSi bersama Kepala UPT Disdukcapil Kecamatan Mandau Dra Hj Irdawati mengatakan program sipintar ini adalah salah satu progam unggulan Bupati Bengkalis. Program unggulan ini berlaku untuk kedepannya, tentu saja untuk masyarakat secara keseluruhan. Pasangan yang ingin menikah atau melaksanakan akad nikah nantinya Insya Allah, jika berkas dan syarat administrasi lengkap, penyelesaian administrasi kepada pemerintah bisa selesai sebelum ijab kabul,.langsung terima buku nikah, kartu keluarga baru dan kartu tanda penduduk baru dengan status sudah menikah.

‘’Kami sampaikan kepada pasangan-pasangan yang mau menikah atau melaksanakan akad nikah kedepannya, Insya Allah, bila berkas dan syarat administrasi lengkap, penyelesaian administrasi pemerintah bisa kelar sebelum ijab kabul,’’ jelas Camat Mandau, Riki Rihardi.

Camat Riki Rihardi mengajak dengan adanya program Sipintar ini semoga masyarakat merasa terbantu serta pengurusan administrasi dapat selesai secara cepat dalam pelayanan akad nikah. Program ini patut kita dukung dan patut kita berbangga hati karena ini merupakan langkah yang bijak untuk memperpendek birokrasi. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww