Home > Berita > Umum

Peringati HPSN 2022, DWP DLH dan Perkebunan Bengkalis Gelar Kegiatan Sosial

Peringati HPSN 2022, DWP DLH dan Perkebunan Bengkalis Gelar Kegiatan Sosial
Minggu, 06 Maret 2022 16:23 WIB
Junaidi Usman

BANTAN, POTRETNEWS.com — Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis menggelar kegiatan sosial.

Bertempat di Pantai Indah Selat Baru Ahad, 6 Maret 2022, dua dinas yang dinahkodai Mohammad Azmir itu selain membawa Dharma Wanita Persatuan yang dipimpin Eji Marlina juga melibatkan sejumlah ASN.

Kegiatan yang dikemas santai dan kekeluargaan ini berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Kegiatan sosial berisi penyerahan bibit pohon kelapa dan lada kepada masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan sedekah sampah dari pedagang di sekitar Pantai Indah Selat Baru.

Mohammad Azmir memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih atas inisiasi DWP DLH dan Perkebunan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. "Kami meminta kita bersama bersinergi dalam rangka melindungi bumi. Bertanggungjawab terhadap sampah yang kita timbulkan sendiri," harap Azmir

Azmir mengungkapkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis bersedia menampung sampah, terlebih sejumlah sampah bisa dimanfaatkan dan bisa menghasilkan rupiah.

"Dalam ajaran agama Islam sebenarnya juga telah dijelaskan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Oleh karena itu, sebagai orang yang beriman mari kita kelola sampah-sampah ini terutama di lingkungan rumah," pungkasnya.

Disampaikan Azmir terdapat sejumlah program Dinas Lingkungan Hidup yang bermitra dengan masyarakat, terutama berkaitan dengan pengelolaan sampah. "Kami juga bertanggungjawab untuk membenahi ruang terbuka hijau. Kami himbau jika ada pohon yang mengganggu kiranya bisa disampaikan ke kami untuk ditanggulangi. Jangan dimatikan sendiri, karna pohon itu menghasilkan oksigen, yang mana perlu kita jaga secara baik di tengah pandemi seperti ini," harapnya lagi.

Kadis Azmir mengajak kepada semua pihak, apabila halaman rumah kosong, mari ditanam pohon yang bermanfaat. Sementara itu Ketua DWP unit DLH dan Perkebunan Eji Marlina mengungkapkan terlaksananya kegiatan ini berawal dari Gerakan Organisasi Wanita (DWP) Peduli Lingkungan (GLOWING) Perkebunan yang bertujuan untuk mengajak peduli dengan lingkungan.

Eji mengharapkan seusai upaya yang dilakukan ini, masyarakat yang awalnya memandang sampah sebagai sumber bau dan penyakit bisa beralih menjadi sumber duit. "Sampah bisa kita jual dan mendapatkan uang atau bisa pula kita sedekahkan, yang mana masuk dalam program sedekah sampah, nantinya dinilai harganya oleh DLH kemudian hasilnya disedekahkan," ucap Eji.

Eji Marlina menyadari, menjaga lingkungan bukan hanya peran DLH, namun semua pihak juga harus ikut andil dengan sampah di lingkungan sekitar. "Karena dari bersih mampu menghasilkan diri yang sehat dan memberikan kebahagiaan bagi kita," tegasnya.

Kedepannya Eji berharap pedagang di Pantai Indah Selat Baru bisa menjual maupun menabung di bank sampah terhadap sampah yang dihasilkan dari aktivitas berdagang.

Ikut dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Ed Efendi, Kepala UPT Pengelolaan Wisata Bantan Chandra, Sejumlah Kabid di Dinas DLH dan Perkebunan, anggota DWP Unit DLH dan Perkebunan serta sejumlah masyarakat dan pedagang di sekitar Pantai Indah Selat Baru.

Usai kegiatan sosial, dilanjutkan dengan outbound guna mempererat tali silaturahmi dan kekompakan kedua dinas tadi. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww