Home > Berita > Umum

Kapal Pengangkut 4.000 Mobil Mewah Akhirnya Tenggelam setelah Berhari-hari Terbakar

Kapal Pengangkut 4.000 Mobil Mewah Akhirnya Tenggelam setelah Berhari-hari Terbakar
Rabu, 02 Maret 2022 08:14 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Felicity Ace akhirnya menemui ajalnya sebagai kapal kargo. Dua pekan setelah terbakar di lautan, kapal pengangkut sekitar 4.000 mobil mewah itu akhirnya karam.

Dikutip dari New York Times, Felicity Ace tenggelam pada Selasa (1/3) pagi pukul 9.00 waktu setempat, berjarak sekitar 407 km dari Kepulauan Azores di Samudera Atlantik. Kabar tenggelamnya kapal ini disiarkan langsung langsung MOL Ship Management, perusahaan yang mengelola Felicity Ace.

Felicity Ace tenggelam ke dasar lautan membawa serta sekitar 4.000 mobil mewah dari grup VW. Disebutkan setidaknya ada 1.000 Porsche dan 200 Bentley di dalam kapal kargo tersebut. Termasuk juga sejumlah Lamborghini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal Kargo Felicity Ace terbakar pada Rabu (16/2). Seluruh kru kapal yang berjumlah 22 orang berhasil menyelamatkan diri, namun kapal tidak dapat diselamatkan.

Kapal tersebut kemudian terus terbakar setidaknya sampai enam hari berikutnya. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena beberapa mobil yang diangkut di kapal tersebut merupakan kendaraan listrik.

Disebutkan baterai-baterai mobil listrik membuat proses pemadaman menjadi lebih sulit. Namun belum diketahui hingga kini apakah baterai mobil listrik itu juga yang menjadi penyebab kebakaran.

Akibat kebakaran ini, Grup VW dilaporkan mengalami kerugian hingga Rp 5,7 triliun. Musibah ini juga jadi pukulan telak bagi pabrikan asal Jerman tersebut di tengah kesulitan memenuhi permintaan dunia akibat krisis chip semikonduktor, melansir Detik.com.

Tenggelamnya Felicity Ace memunculkan kekhawatiran terjadinya pencemaran lingkungan di wilayah tersebut. Kelompok pencinta lingkungan menekankan polusi lautan yang disebabkan karamnya Felicity Ace bisa mengganggu ekosistem laut.

Selain baterai mobil listrik, kabel, dan cat mobil, pencemaran juga datang dari bahan bakar kapal. Felicity Ace disebutkan mampu menampung tiga juta liter bahan bakar. Terlebih wilayah perairan tempat kapal karam merupakan habitat paus sperma, paus bungkuk, hiu, dan lumba-lumba. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww