Home > Berita > Umum

13 Permohonan Pemanfaat Dana USP Lil Ummah Kabupaten Bengkalis Dicairkan

13 Permohonan Pemanfaat Dana USP Lil Ummah Kabupaten Bengkalis Dicairkan

Kades Azmi Yulfikar saat menyampaikan pengarahan (atas). Direktur BUMDes Hidayat menyerahkan sejumlah dana pinjaman (bawah), Kamis 24 Februari 2022 kemarin.

Minggu, 27 Februari 2022 17:12 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sebanyak 13 permohonan dana Unit Simpan Pinjam (USP) Lil Ummah, Desa Pangkalanbatang Barat Kabupaten Bengkalis Riau dicairkan pengelola pada Kamis, 24 Februari 2022 kemarin.

Kepala Desa (Kades) Desa Pangkalan Batang Barat, Azmi Yulfikar dalam pengarahannya kepada belasan pemohon yang disetujui menerima pinjaman berpesan agar berusaha lancar dalam membayar tagihannya. 'Kalau dah lanco kan yang lain dapat meminjam lagi. Dengan pinjaman ini, bapak-bapak ibuk-ibuk dapat mengembangkan usahanye. Inilah harapan kite, agar dana ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnye. Ikuti lah peraturan yang ade karene ini untuk kepentingan kite bersame, kepentingan masyarakat kite," kata Kades Azmi Yulfikar.

Direktur BUMDes Pangkalan Batang Barat, Hidayat dalam pengarahannya menyebutkan bahwa pencarian pinjaman ini telah memasuki tahap ke-19 terhitung sejak tahun 2013. Beliau mengajak para pemanfaat yang hadir untuk mengucapkan syukur Alhamdulillah karena pinjaman yang dicairkan merupakan nikmat dari Allah SWT. Setelah itu, Hidayat mengajak hadirin membacakan Al Fatiha.

Diungkapkan Hidayat, ada seorang pemanfaat di USP Lil Ummah ini, dinobatkan sebagai pemanfaat terbaik sehingga dirinya mengajukan permohonan kembali hingga 4 kali dan dicairkan pihak USP Lil Ummah.

"Pinjaman USP ini saling berpengaruh kepada PADes Desa. Ketika ini tidak lancar, untuk pemanfaat yang lain, susah dikasi pinjaman sementara peminat (calon pemanfaat)nya ramai dan uang kas kita, modalnya sedikit karena kita desa pemekaran, hanya satu miliar. Alhamdulillah, saat ini telah bergulir menjadi dua miliar lebih," terang Hidayat.

Ditambahkan Hidayat, selama ini, hubungan antara BUMDes dengan Pemdes Desa Pangkalan Batang Barat berjalan dengan baik dan BPD desa ini sangat mensupport.

Zulhelfa, seorang pemanfaat yang menerima pinjaman Rp15.000.000,00 di akhir acara pencarian tadi menyediakan sejumlah minuman segar "Puding Tahu" yang juga dinikmati jurnalis media ini menyampaikan ramuan minuman tersebut didapatkan dari ibunya. Zulhelfa menjual 1 cup seharga Rp 3.000,00.

Yang paling banyak dipesan konsumen, ungkap Zulhelfa adalah Kue Pai buah yang langsung mendapat jempol dari Ketua Unit USP Lil Ummah saat itu karena telah menikmatinya. Kemudian, Kue Sus serta Puding Tahu. Insya Allah, Zulhelfa akan hadir dalam rangkaian kegiatan Musrenbang Kabupaten Bengkalis pada akhir Maret 2022 mendatang di acara Community Space bertempat di Wisma Sri Mahkota, Rumah Aspirasi.

Dalam menyiapkan kuliner pesanan konsumennya, Zulhelfa dibantu sang suami serta ayahnya sendiri. Terkadang sempat juga tak mampu melayani pesanan karena dirinya juga bekerja di RSUD Bengkalis, jadi perlu menyesuaikan waktu kerjanya. Dirinya menerima saran awak media ini untuk melakukan solusi menambah tenaga kerja yang tentunya ramuan tetap dikerjakan Zulhelfa.

Melalui dana yang diterimanya, Zulhelfa akan membeli mixer. Selain itu butuh oven menggunakan gas yang setelah mendapat informasi mungkin pihak Politeknik Negeri Bengkalis bisa menciptakannya melalui program Pengabdian Masyarakat.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba kelezatan kuliner Zulhelfa bisa menghubungi nomor 08127633952 yang tentunya akan melalui proses order. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww