Home > Berita > Umum

KKSSI Bukitbatu Kabupaten Bengkalis Dikukuhkan

KKSSI Bukitbatu Kabupaten Bengkalis Dikukuhkan

Pengurus KKSSI Kecamatan Bukit Batu foto bersama, Raja Muda Bengkalis dan Raja Muda Dumai dan KKSSI Pusat, Ahad (20/02/2022).

Minggu, 20 Februari 2022 17:12 WIB
Junaidi Usman

BURUKBAKUL, POTRETNEWS.com — Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura (KKSSI) Kecamatan Bukit Batu dikukuhkan dan ditabalkan pada Ahad, 20 Februari 2022. Acara digelar di gedung Serba Guna, Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis Riau diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh qoriah Sri Wahyuni.

Raja Muda M Idrus, Ketua KKSSI Kabupaten Bengkalis dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan sesuatu yang bersejarah di desa ini. Wadah KKSSI menggali sejarah yang belum terungkapkan.

Kerjasama yang baik antara KKSSI dengan pemerintah, pesan Raja Muda M Idrus kepada pengurus hendaknya terus terbina.

Setelah menyerahkan SK Pengurus oleh Raja Muda Bengkalis, acara berlanjut dengan kegiatan Tepuk Tepung Tawar buat pengurus KKSSI Kecamatan Bukit Batu dengan tabuhan kompang Grup Kompang Al Falah Desa Buruk Bakul.

Ketua KKSSI Pusat yang diwakili Datuk Ilham dalam kata elu-eluannya mengingatkan sebagai wilayah yang berada di wilayah pesisir, sangat ngeri melihat perkembangan anak-anak generasi muda. Untuk itu, adat dan budaya Melayu, layu atau mati lalu awalan me yang mengartikan mematikan diri.

Adat istiadat adalah norma-norma yang mengatur kehidupan masyarakat. Bagi Melayu, adat adalah Al-Qur'an dan istirahat adalah hadist. Kemudian, budaya, perbuatan yang berulang-ulang dilakukan yang digariskan sunah Rasulullah SAW. Semua ini akan menimbulkan adab, orang beradap susah pasti berilmu tapi orang berilmu belum tentu beradab. Mudah-mudahan, generasi muda mendapatkan itu.

Diungkapkan Raja Muda, situs sejarah dikembangkan menjadi wisata yang akan dikembangkan dan menjadi multi efek bagi seluruh elemen masyarakat.

"Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) pernah melakukan jelajah Melayu di rantau ini. Kembangkan kuliner, Tasik Bunian yang bisa ditampilkan sebagai identitas kita kepada negara lua," ungkap Raja Muda Ilham.

Hadir mengami do'a yang dipandu Ustadz Sudirman,SAg para Datuk-Datuk pengurus KKSSI Pusat, Datuk-Datuk pengurus KKSSI Kecamatan Rupat dan Bandar Laksamana, Polsek Bukit Batu dan undangan lainnya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww