Pembangunan Tol Rengat-Jambi Terus Digesa, Saat Ini Sedang Proses Ganti Rugi

Pembangunan Tol Rengat-Jambi Terus Digesa, Saat Ini Sedang Proses Ganti Rugi
Rabu, 16 Februari 2022 14:03 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus digesa oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Salah satunya adalah ruas tol Rengat-Jambi. Saat ini, proses penentuan lokasi (penlok) ruas Rengat-Jambi tersebut sudah selesai.
Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Riau M Syahrir mengatakan, dalam proses pembangunan jalan tol tersebut, tugas pihaknya yakni melakukan ganti rugi lahan. Di mana sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat yang lahannya akan dilalui pembangunan tol.

"Penlok jalan tol Rengat-Jambi sudah selesai, saat ini sedang proses ganti rugi," kata Syahril, Rabu (16/2/2022), melansir Media Center Riau

Namun, dalam pelaksanaan proses ganti rugi lahan tersebut mengalami kendala, yakni adanya lokasi yang masuk kawasan hutan. Yakni lokasi yang ada di sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

"Terkait hal tersebut, kami masih menunggu pelepasan kawasan dari Kementerian
Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Nanti kalau sudah ada, baru proses ganti
rugi kembali dilanjutkan," ujarnya.

Sementara itu, untuk jalan tol Rengat-Pekanbaru, saat ini masih dalam perencanaan penetapan lokasi. Jika nantinya sudah selesai, pihaknya juga akan menggesa untuk melakukan ganti rugi lahan yang dilintasi jalan tol.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat penetapan lokasi juga sudah selesai sehingga
proses ganti rugi bisa segera dilaksanakan," sebutnya.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau
wwwwww