Home > Berita > Umum

12 Kasus Covid Terindikasi di Siak, Kemungkinan Varian Omicron

12 Kasus Covid Terindikasi di Siak, Kemungkinan Varian Omicron
Kamis, 10 Februari 2022 18:02 WIB

SIAK, POTRETNEWS.com - Sebanyak 12 orang di Kabupaten Siak terindikasi terpapar Covid-19. Bahkan pasien tersebut masuk dalam kasus probable atau kemungkinan Covid-19 varian Omicron. Ini berdasarkan hasil tes PCR dengan metode S-Gene Target Failure (SGTF) untuk deteksi dini di Rumah Sakit Umum Daerah Tipe D Perawang dan RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

"Untuk Kabupaten Siak 'probable' artinya dilakukan pemeriksaan PCR yang ada SGTF-nya untuk menilai dia kemungkinan Omicron atau tidak. Dan itu sudah ada di Kabupaten Siak. Data sampai 7 Februari ada 12 orang," kata Dokter Penanggungjawab Paru RSUD Tengku Rafi'an Siak, dr Erneti Aziz SpP, Kamis (10/2/2022), melansir ANTARA.

Selanjutnya, untuk memastikan adanya varian Omicron tersebut dilakukan dengan "Whole Genome Sequencing" di Jakarta. Untuk ini, memerlukan waktu lebih dari satu pekan untuk mengetahui hasilnya.

Para pasien tersebut, kata dia, ada yang punya riwayat pulang dari Jakarta tapi ada juga yang tidak dari mana-mana.

Saat ini, mereka ada yang dirawat di RS Eka Hospital dan Santa Maria Pekanbaru serta RSUD Perawang, tapi sebagian besar menjalani isolasi mandiri. 

Namun begitu, dia menyampaikan bahwa saat ini belum ada perawatan di RSUD Tengku Rafi'an Siak. Sebanyak 12 pasien tersebut hanya melakukan pengecekan dan assessment di RSUD Tengku Rafi'an Siak.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan persiapan dengan 75 tempat tidur dan 10
diantaranya untuk ICU. Ada dua dokter paru dan penyakit dalam, anastesi dan bedah juga ada serta enam dokter umum yang siap sedia.

"Insya Allah kami semua siap, obat mulai anti virus, vitamin dan penunjang lainnya, serta tempat tidur yang sudah sudah ada ventilator," sebutnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Tengku Rafi'an Siak, dr Benny Chairuddin SpAn MKes MARS melalui Kepala Bidang Layanan dan Penunjang Medis dr Hartini, mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan diri.

"Hal-hal yang menunjang untuk pelayanan COVID-19 senantiasa kami sediakan," ujarnya.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Siak
wwwwww