Home > Berita > Umum

Penabalan Gelar Adat kepada Bupati dan Wabup Bengkalis Dijadwalkan 22 Februari Mendatang

Penabalan Gelar Adat kepada Bupati dan Wabup Bengkalis Dijadwalkan 22 Februari Mendatang

Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis, Datuk Seri H Sofyan Said saat menyampaikan sambutan, Kamis (03/02/2022).

Kamis, 03 Februari 2022 16:36 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Bupati Bengkalis, Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso akan ditabalkan Gelar Adat oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis pada hari Selasa, 22 Februari 2022 mendatang.

Agar acara penabalan ini berjalan baik dan lancar maka dilakukan rapat persiapan pada Kamis, (03/02/2022) yang dimulai 14.38 WIB dan dipandu Sekretaris Umum, Datuk H Aziar Asroy.

Dalam kesempatan ini, Datuk H Aziar Asroy menyampaikan bahwa sebenarnya rapat tersebut menyatu dengan kepanitiaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tapi karena sesuatu hal dan kegiatan utama lainnya maka rapat tetap dilanjutkan.

Disampaikan Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis, Datuk Seri H Sofyan Said saat rapat di lantai dasar gedung yang beralamat di Jalan Antara Desa Air Putih ini bahwa penambalan ini berdasarkan rapat MKA (Majelis Kerapatan Adat), DPH (Dewan Pimpinan Harian) dan DPA (Dewan Kehormatan Adat) LAMR Kabupaten Bengkalis mengenai penabalan Pemberian Gelar Adat kepada Puan Kasmarni,SSos,MMP dan Tuan H Bagus Santoso.

"Hasil konsultasi kami dengan beliau dalam pertemuan kami dengan beliau beberapa hari lalu, bahwa beliau siap menerima gelar adat yang akan kita berikan nantinya. Maka petang ini kami mengundang encik-encik, tuan-tuan, puan-puan dan adik-adik semue sehingge pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan ape yang kite harapkan dengan membentuk kepanitiaan sehingge kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar," kata Datuk Seri H Sofyan Said.

"Keje yang beso ini dikatekan tedesak tidak juge tedesak. Kite sudah membeghikan kate putus bahwe acara penabalan dilaksanakan pade aghi Selasa, 22 Februari 2022. Bagaimane proses penabalan ini sukses bukan aje menjadi kebanggaan kite tapi juge lainnye sebab pemimpin kite ini daghi kawula perempuan Jangan sempat umah siap, tukol besi bebunyi. Bebeghape kali kite dah musyawarah supaye pemberian gelar ini sesuai dengan mane patutnye. Menjelang tanggal 22 Februari kite akan selalu betemu untuk membincangkan berbagai hal," harap Datuk Seri H Sofyan Said dalam dialek Melayu Pesisirnya.

Sekretaris Umum, Datuk H Aziar Asroy yang dipersilakan Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis menyampaikan bahwa sesuai AD/ ART LAMR, untuk gelar Datuk Seri Setia Amanah Negeri. Namun, secara lengkap akan dibahas oleh Tim Formatur dan Tim Penapis nantinya untuk mengkaji apakah Bupati akan diberi gelar Datuk atau Datin atau Puan.

Satu malam malam sebelum penabalan, Senin (21/01/2022) malam akan dilakukan pengukuhan Puan Melayu Kabupaten Bengkalis, Punggawa yang merupakan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Melayu yang ada di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini.

Selain itu juga akan ada acara penampilan kesenian yang tempatnya apakah di Lapangan Tugu atau pendopo Wisma Daerah Sri Mahkota maupun halaman gedung LAMR Kabupaten Bengkalis.

Ketua Pelaksana Datuk H M Sidik, Sekretaris Datuk Isnaini telah diamanahkan untuk menjalankan tugas bersama seksi yang akan dibentuk Tim Formatur sebagaimana keputusan rapat yang diusulkan Datuk H Usman Efendi.

Sebelumnya, disampaikan Datuk H Aziar Asroy bahwa gelar Puan yang pernah diterima sebagai Kasmarni ketika menjadi istri Bupati Bengkalis yang secara otomatis gugur karena jabatan beliau saat ini tidak lagi istri Bupati tetapi Bupati Bengkalis.

Dalam rapat ini, Koordinator Barisan Anak Melayu berharap pelaksanaan penabalan dilaksanakan di gedung LAMR Kabupaten Bengkalis jalan Pramuka, Desa Air Putih ditanggapi Ketua DPH Datuk Seri H Sofyan Said dengan kalimat Insya Allah.

Ketua Panitia Datuk H M Sidik menyampaikan bahwa diantara seksi dalam acara tadi, Seksi Acara Adat, Penyambut Tamu, Perlengkapan, Konsumsi, Administrasi, Dokumentasi, Keamanan dan Protokol Covid-19.

Tim formatur mempersiapkan panitia pelaksana yang dalam waktu dekat akan menerima undangan bersamaan dengan SK Panitia. Bentuk acara secara garis besar, pertama rangkaian acara kesenian yang dilaksanakan oleh Pemkab Bengkalis dan sebelumnya semacam MoU bersama Ormas Melayu se-Kabupaten Bengkalis penabalan Puan Melayu dan Punggawa Rapat berakhir pukul 15.59 WIB dengan do'a yang dipandu Datuk H M Sidik. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww