Home > Berita > Umum

Covid-19 Varian Omicron Mulai Masuk Riau, 1 Warga Pekanbaru Positif

Covid-19 Varian Omicron Mulai Masuk Riau, 1 Warga Pekanbaru Positif
Sabtu, 29 Januari 2022 17:42 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Gubernur Riau Syamsuar meminta warga setempat memperketat penerapan protokol kesehatan setelah temuan seorang pasien di Kota Pekanbaru terkonfirmasi COVID-19 varian baru, Omicron, agar penularan tidak meluas.

"Sudah ada satu orang yang terpapar Omicron dan itu merupakan warga Pekanbaru," katanya di Pekanbaru, Sabtu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan di Batam, seorang warga Pekanbaru terkonfirmasi Omicron.Ia juga meminta masyarakat menjalani program vaksinasi untuk mencegah penularan virus itu secara masif kembali.

Protokol kesehatan yang harus dijalani warga, antara lain tetap menggunakan masker saat beraktivitas, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy mengatakan warga Pekanbaru yang terpapar Omicron itu melakukan perjalanan ke Batam, kemudian menjalani tes usap di Batam pada Rabu (26/1) dan hasilnya positif Omicron.

“Ya ada seorang warga Riau, ber-KTP Pekanbaru terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron. Warga Pekanbaru ini pemeriksaannya di Batam. Kita sudah menerima surat dari Batam dan diteruskan ke Dinkes Kota Pekanbaru, dan KKP. Untuk itu kita minta Dinkes Kota Pekanbaru untuk melacak keberadaan warga Pekanbaru yang terdeteksi Omicron,” kata dia.

Ia menjelaskan setelah dilakukan pelacakan terhadap warga Pekanbaru tersebut, selanjutnya dilakukan penelusuran dan pengetesan kepada setiap orang yang pernah berada di dekat pasien tersebut.

“Tentu untuk memutus mata rantai penyebarannya dilakukan 'tracing' (pelacakan) dan testing. Kita belum tahu persis di mana tinggalnya dan kita serahkan pemkot untuk melacaknya. Masyarakat jangan panik atas temuan ini, yang terpenting sama-sama menjaga protokol kesehatan,” kata Masrul Kasmy. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww