Home > Berita > Umum

Minyak Goreng Satu Harga Ternyata Belum Berlaku di Pasar Tradisional Pekanbaru

Minyak Goreng Satu Harga Ternyata Belum Berlaku di Pasar Tradisional Pekanbaru
Kamis, 27 Januari 2022 08:04 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru, Riau, ternyata belum memberlakukan kebijakan minyak goreng satu harga. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Perdagangan Perindustrian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Riau, M Taufik OH.

Taufik mengatakan, salah satu pasar tradisional yang belum menerapkan itu adalah Pasar Pagi Arengka. Dimana harga minyak goreng per liter di pasar tersebut masih dijual sekitar Rp19.000 hingga Rp20.000 per liter.

"Untuk satu harga di pasar tradisional belum, yang mestinya sudah berlaku hari ini. Kita tanya tadi langsung ke pedagang harga minyak goreng kemasan masih dijual normal," ujar Taufik di Pekanbaru, Kamis (27/1/2022), dilansir dari ANTARA.

Menurutnya, alasan pedagang tradisional belum menjual satu harga Rp14.000 per liter karena masih menunggu dari pihak penyuplai. Jika ketentuan harga itu sudah ada maka ketentuan satu harga diterapkan.

Sebagai informasi, sebagian besar suplai minyak goreng di pasar-pasar tradisional dilakukan oleh distributor tak tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), yang sudah menyepakati satu harga penjualan minyak goreng Rp14.000 per liter.

Setelah melakukan pengecekan ke sejumlah pedagang di Pasar Pagi Arengka, Kadisperindag Riau dan Tim Satgas Ketahanan Pangan lalu melakukan pengecekan ke dua distributor besar di Riau. Yakni di Pan Baruna di Jalan Kaharuddin Nasution dan Gudang Indomaret di Teratak Buluh, Kampar.

Di Pan Baruna, pihak manajemen mengakui belum menerapkan satu harga Rp14.000 per liter karena alasan baru menerima kebijakan dari pihak pabrikan awal pekan ini. Pihak distributor pun menyatakan masih membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian harga.

Meski begitu, manajemen distributor Pan Baruna menyatakan sudah mendata pasar-pasar terutama toko-toko yang mereka pasok. Dalam waktu tidak lama, penyesuaian harga Rp14.000 per liter bisa diseragamkan.

"Pihak distributor (Pan Baruna) sudah mendata ke tempat-tempat mereka pasok. Artinya, harga ini segera disesuaikan. Memang alasannya, karena mereka baru menerima surat kebijakan itu. Dan kita sudah tekankan agar satu harga ini cepat disesuaikan," ungkap Taufik.

Manajemen Pan Baruna sendiri merespon positif dan berjanji segera melakukan penyesuaian harga.

Sementara Kepala Pergudangan Indomaret di Teratak Buluh Kampar, Perdana Aritonang menyatakan untuk suplai ke toko-toko Indomaret di Riau tidak ada masalah. Ada sebanyak 12 ribu karton (12 liter per karton) didistribusikan setiap harinya ke toko-toko Indomaret.

"Pendistribusian sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pihak manajemen. Untuk
ketersediaan minyak goreng cukup, sehingga masyarakat diminta tak perlu panik,"
tukasnya.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww