Home > Berita > Umum

Pemkab Bengkalis Berharap YKAN Bisa Bantu Pulih Ekosistem Mangrove

Pemkab Bengkalis Berharap YKAN Bisa Bantu Pulih Ekosistem Mangrove
Rabu, 19 Januari 2022 21:33 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berharap kepada Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bekerjasama dengan HSBC dan CLUA untuk dapat membantu memulihkan kembali ekosistem mangrove di Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Bantan.

Hal ini disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten I Andres Wasono saat membuka acara lokakarya rencana pemulihan ekosistem mangrove di Provinsi Riau melalui program Mangrove Ecosystem Restoration Aliance (MERA) Provinsi Riau fase kedua tahun 2022, Rabu 19 Januari 2022 bertempat di ruang rapat Bappeda Bengkalis.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada Direktur Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) Hernilna Hartanto beserta jajaran yang telah menyelenggarakan lokakarya rencana pemulihan ekosistem mangrove fase ke dua Provinsi Riau di wilayah Kecamatan Bantan tepatnya di Desa Teluk Pambang,”ucap Kasmarni dalam sambutannya.

Diteruskan lagi, semoga lokakarya ini dapat memberikan lebih banyak pengetahuan terkait pemulihan ekosistem mangrove kepada masyarakat karena salah satu langkah konkret untuk menjaga pulau terluar terdepan di Kabupaten Bengkalis dengan melakukan penanaman dan pemulihan mangrove, sehingga dapat diterapkan sebagai upaya mencegah terjadinya abrasi dan erosi di wilayah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis ini.

“Kita semua pasti tahu, hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat penting terutama dalam menjaga daerah pesisir dari abrasi, intrusi air laut serta gelombang laut. Hutan mangrove juga memiliki manfaat ekonomis berupa hutan produksi, hasil hutan bukan kayu, jasa lingkungan, pariwisata dan riset,” tuturnya.

Maka perlu dijaga, dirawat dan dilestarikan secara baik, sehingga hutan mangrove ini bisa memberikan manfaat bagi alam dan lingkungan hidup. Untuk itu mari bersama-sama menjaga serta membudidayakan mangrove di masing-masing daerah terutama di daerah persisir.

“Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung penuh lokakara ini, mengingat karena banyaknya manfaat yang didapat dari menanam mangrove menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk berbagai jenis masalah lingkungan terutama untuk mengatasi kerusakan lingkungan. Sesuai dengan visi yang ingin kami capai yaitu terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” ujarnya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww