Home > Berita > Umum

Bangun Sinergisitas Pengawas Partisipatif, Sejumlah Alumni SKPP 2021 Dialog bersama Bawaslu Bengkalis

Bangun Sinergisitas Pengawas Partisipatif, Sejumlah Alumni SKPP 2021 Dialog bersama Bawaslu Bengkalis
Rabu, 19 Januari 2022 16:26 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sejumlah alumni Sekolah Kader Pengawas Partispatif (SKPP) Tahun 2021, melakukan audiensi bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis, Selasa (18/01/2022) semalam.

Audiensi digelar di ruang rapat lembaga ini dalam rangka memperat silaturrahmi dan membangun sinergisitas pengawas partisipatif.

“Sebagai alumni SKPP tahun 2021, kehadiran kami selain dalam rangka mempererat silaturrahmi, juga dalam rangka membangun sinergisitas pengawasan partisipatif bersama Bawaslu Kabupaten Bengkalis, terutama menghadapi Pemilu maupun Pilkada tahun 2024 mendatang,” sebut Muhammad Sapikri, salah seorang alumni SKPP tahun 2021 asal Kabupaten Bengkalis.

Menurut mahasiswa STAIN Bengkalis yang akrab dipanggil Sapik ini, dalam audiensi yang digelar tersebut, selain mendengarkan paparan terkait rencana kegiatan pengawasan yang akan dilakukan Bawaslu Bengkalis sepanjang tahun 2022, pihaknya bersama Bawaslu Bengkalis juga turut mendiskusikan sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama.

“Terkait sejumlah rencana kegiatan pengawasan partisipatif yang kita tawarkan, intinya pimpinan Bawaslu Kabupaten Bengkalis menyambutnya dengan baik dan positif. Bahkan mereka juga turut mengajak kita para alumni SKPP untuk terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif, seperti bersama-sama Bawaslu Bengkalis melakukan kegiatan uji petik Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB)," sebut anak watan Desa Pangkalan Batang ini.

Selain siap bersinergi bersama Bawaslu Kabupaten Bengkalis, para alumni SKPP asal Kabupaten Bengkalis tambah Sapik dalam waktu dekat akan membentuk sebuah wadah komunitas pengawas Pemilu partisipatif. Komunitas ini terdiri dari para alumni SKPP yang memiliki kepedulian, komitmen serta perhatian yang besar dalam pengawasan partisipatif di Kabupaten Bengkalis.

“Agar kegiatan pengawasan partisipatif nantinya berjalan dengan baik dan terarah, makanya dalam waktu dekat ini akan dibentuk komunitas dengan struktur pengurus internal para alumni SKPP. Mudah-mudahan rencana ini berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama,” pungkas Muhammad Sapikri yang terpilih mewakili Riau pada SKPP Tingkat Nasional tahun 2021 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Terkait audiensi dan silaturrahmi ini, sejumlah pimpinan Bawaslu Kabupaten Bengkalis menyambutnya dengan baik. Bahkan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Usman, turut mewanti-wanti agar para alumni SKPP tahun 2021 dapat menjalankan perannya sebagai bagian dari roh Bawaslu dalam melakukan pengawasan, seperti adanya rencana para alumni SKPP untuk melakukan road show ke sekolah-sekolah (SMA/sederajat) maupun kampus di Bengkalis dalam memberikan pemahaman tentang Pemilu dan pentingnya pengawasan partisipatif.

Selain dihadiri sejumlah alumni SKPP, yakni Diyanna, Madnawi, Muhammad Irfan dan Dwi Martini, audiensi dan rapat bersama tersebut juga dihadiri Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin, Anggota Bawaslu Bengkalis Beni Syahputra, Usman, Budi Kurnialis dan M Hary Rubianto serta sejumlah staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkalis. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww