Home > Berita > Umum

Sosok ”Julang Budi” di Mata Masyarakat Bengkalis

Sosok ”Julang Budi” di Mata Masyarakat Bengkalis
Sabtu, 15 Januari 2022 09:25 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — "Julang Budi" Negeri Junjungan telah bertugas di Kepolisian Daerah (Polda) DI Yogyakarta, namun cerita ketokohan beliau tetap abadi di Kabupaten Bengkalis.

Berikut ini, kami rangkum beberapa komentar dari orang-orang yang mengenal sosok Tuan AKBP Hendra Gunawan, SIK, MT sang penerima penghargaan Julang Budi dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis yang prosesi adatnya berlangsung pada Rabu (04/01/2022) siang pekan lalu.

Ibnu Hajar, anggota Sepeda Kayuh Bengkalis

"Di mata kami secara pribadi dan mungkin seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, Bapak Kapolres AKBP Hendra Gunawan, SIK, MT ini, orangnya luar biasa, agamis dan humanis, dekat dengan semua kalangan termasuk juga komunitas kami Sepeda Kayuh Bengkalis (SKB). Jujur kami katakan, kami kehilangan sosok yang kami banggakan, yang kami cintai nemun demi tugas semua ini harus dijalani oleh beliau," kata Ibnu Hajar kepada potretnews.com Rabu (12/01/2022) kemarin menunggu saat konvoi pengantaran Kapolres ke pelabuhan Ro-Ro, Desa Air Putih.

Ibnu Hajar yang juga merupakan tetangga Julang Budi Tuan AKBP Hendra Gunawan tak lupa mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru sebagai Wadir Lantas di Polda DI Yogyakarta. "Mudah-mudahan beliau di mana pun berada selalu dalam anugerah Allah SWT. Selamat dari kami di Komunitas Sepeda Kayuh Bengkalis," ucap Ibnu Hajar dengan raut kesedihan seraya mengungkapkan harap kepada Kapolres Bengkalis yang baru, AKBP Indra Wijatmiko, SIK dapat memberikan kekompakan, bisa bergowes, bersepeda bersama komunitasnya.

Zuriat Abdillah, Honorer Diskominfotik "Kalau rasa memang payah nak diungkapkan. Cuma yang jelas, kalimat yang sering kami sampaikan, pokoknyo Pak Hendra Gunawan ini sosok yang tak ado obatnye, obatnyo cumo satu, yaitu Sholawat," ungkap Zuriat Abdillah yang selalu dekat dengan Julang Budi Hendra Gunawan di Majelis Ilmu dan Amal (MIA) Baa Khaalish 2002 maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Marzuli Ridwan Al Bantany, Satrawan, Honorer Bawaslu Bengkalis

"Secara pribadi kita merasa kehilangan beliau namun karena tugas kita rela melepaskan dengan do'a semoga beliau tetap Istiqamah dalam menjalankan tugas dan kehidupan beliau masa akan datang. Dan semoga di tempat yang baru, beliau dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak melupakan Bengkalis tentunya. Selama setahun delapan bulan di sini, sudah banyak hal-hal positif yang beliau lakukan. Kedekatan beliau dengan para sesepuh, para kiai, masyarakat terutama dalam kegiatan keagamaan, kebudayaan, seni dan lain sebagainya," kata Marzuli Ridwan Al Bantany.

Raffi Kurniawan, Ketua NNJ, Sekcam Bengkalis

"Dengan pelepasan pada hari ini terasa haru karena banyak yang telah beliau abdikan untuk negeri kita ini. Dengan sikap dan pergaulan beliau yang sangat luar biasa, low profile beliau sangat antusias, ibaratnya kedekatan dengan masyarakat, dengan seluruh stakeholder yang ada di Pemerintahan Kabupaten Bengkalis dan juga terutama kepada ulama-ulama, tokoh agama kita, beliau merupakan sosok yang kita dambakan. Kita berharap semoga dengan pelepasan hari ini, beliau beserta keluarga diberikan kesehatan. Semoga beliau lebih eksis di tempat tugas yang baru nantinya. Sukses terus buat bapak AKBP Hendra Gunawan," ungkap Rafli Kurniawan seraya menjawab pertanyaan jurnalis media ini bahwa dirinya menyimpan nomor kontak AKBP Hendra Gunawan.

Hariyanto, Abang Becak "Kenal dengan (AKBP Hendra Gunawan,red), hubungan dengan masyarakat ya baik-baik saja, pokoknya pendekatan beliau dengan masyarakat itu bagus," puji Hariyanto.

Affan Zahidi, Tokoh Pemuda Bengkalis "Ide (acara pelepasan,red) ini muncul dari beberapa tokoh yang menyampaikan kepada MUI Kabupaten Bengkalis sekiranya kita bisa memberikan penghargaan terakhir kali kepada bapak Kapolres AKBP Hendra Gunawan berupa pengantaran beliau dari kediaman Rumah Dinas Kapolres Bengkalis menuju pelabuhan Ro-Ro Sungai Selari, Pakning. Ide ini muncul bukan dari beberapa kelompok tetapi juga dari beberapa komunitas juga ada, pondok pesantren, majelis ilmu dan majelis-majelis Sholawat yang ada di Bengkalis maka tercetuslah kegiatan hari ini. Alhamdulillah, kami mengumpulkan dari beberapa komunitas, pondok pesantren dan majelis sholawat seramai 350an orang," ungkap Affan Zahidi. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww