Soematra Fashion Bration 2022, Pemprov Riau dan Dekranasda Dorong UMKM Tingkatkan Produksi Fesyen

Soematra Fashion Bration 2022, Pemprov Riau dan Dekranasda Dorong UMKM Tingkatkan Produksi Fesyen

Batik Riau dengan motif yang lagi viral hasil rancangan istri Gubernur Riau Misnarni Syamsuar./F-IST

Senin, 10 Januari 2022 08:16 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan produksi fesyen.

Dorongan itu dilakukan menyusul kesuksesan gelaran Soematra Fashion Bration
(SFB) 2022 di atrium mall SKA Pekanbaru, Minggu (9/1/2022).

"SFB 2022 akan memberikan dampak yang luar biasa dalam meningkatkan pendapatan
UKM di Riau terutama di bidang industri fesyen yang selama ini terdampak pandemi Covid-19," kata Kabid Pembangunan Sumber Daya Industri Kerja sama dan Promosi (PSDIKP) Diseprindagkop UKM Riau, Lovina, di Pekanbaru, Minggu malam.

Ia mengatakan dampak ganda dari SBF 2022 akan meningkatkan pendapatan UKM fesyen sehingga sekaligus diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di
Provinsi Riau.

Dilanjutkannya, pengembangan batik di Riau juga akan selalu didukung apalagi Ketua Dekranasda Riau, Misnarni Syamsuar sangat konsen dalam pengembangan batik di Riau.

Lovina menerangkan, bukan hanya sekarang, Misnarni Syamsuar telah mengembangkam
batik sejak menjadi Ketua TP PKK Kabupaten Siak, hingga saat ini menjadi Ketua TP PKK Provinsi Riau.

Bahkan, jelasnya, upaya istri Gubernur Riau itu untuk memajukan batik sangat luar biasa. Di masa pandemi Covid-19, Ketua Dekranasda Riau tersebut mampu menciptakan batik Corona karyanya sendiri.

"Melalui karya tersebut, beliau memberi judul batik Corona yang menjadi sejarah bahwa Corona itu pernah ada dan di batik yang didesain secara khusus oleh Ibu Gubernur," katanya.

SFB 2022 memilih tema Wastra Sumatera dan digelar di Mall Ska Pekanbaru dalam dua tahap yaitu, Road to SFB 2022 pada 5-9 Januari 2022. Kedua, Grand Show yang akan digelar pada 14-20 Maret 2022.***

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau
wwwwww