Home > Berita > Umum

Perdana, 45 Calon Jemaah Umrah Asal Riau Dijadwalkan Berangkat ke Arab Saudi pada 29 Januari

Perdana, 45 Calon Jemaah Umrah Asal Riau Dijadwalkan Berangkat ke Arab Saudi pada 29 Januari
Minggu, 09 Januari 2022 18:50 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jika tidak ada aral melintang, sebanyak 45 calon jemaah umrah asal Riau dijadwalkan akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 29 Januari 2022 mendatang.

Keberangkatan calon jemaah umrah dari Provinsi Riau ke tanah suci ini merupakan yang perdana sejak pandemi Covid-19 melanda dunia.

"Iya, rencananya tanggal 29 Januari ini berangkat. Ini keberangkatan pertama, karena sampai sejauh ini baru kita yang lapor ke Kemenag," kata Wakil Ketua Bidang Haji DPP Amphuri, Ibnu Mas'ud, Minggu (9/1/2022), dilansir dari Tribunpekanbaru.com.

Sebanyak 45 calon jemaah umrah tersebut akan diberangkatkan di bawah naungan
Muhibbah Travel haji dan umrah Riau.

"Untuk di Provinsi Riau, jemaah umrah yang akan berangkat pada Januari ini dari Muhibbah, tanggal 29, dan yang lain akan menyusul. Setiap keberangkatan akan melapor ke Kanwil Kemenag Riau," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyuddin.

Seperti diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan izin pelaksanaan ibadah umrah mulai 8 Januari tahun 2022/1443 H, di masa pandemi Covid-19.

Sesuai dengan surat Penyelenggaraan Pelaksanaan Ibadah Umrah, nomor: B.04008/DJ/DT.II.3/Hj.09/01/2022.

“Penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah (PPIU) pada masa pandemi Covid-19, dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan dengan ketat. Baik di tanah air maupun di Arab Saudi, dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah,” ujar Mahyudin.

Dalam aturan yang dikeluarkan oleh Kemenag, setiap PPIU yang akan memberangkatkan jemaah umrah wajib melaporkan keberangkatan melalui Siskopatuh.

Keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung melalui Bandara Soekarno Hatta.

Untuk keberangkatan penerbangan sebanyak 4 penerbangan awal, mengaju kebijakan
umrah satu pintu dengan menggunakan asrama haji Jakarta.

Sebagai lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan, yang dikoordinasikan asosiasi PPIU dan Kanwil Kemenag.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww