Home > Berita > Umum

Sudah 90 Persen Nakes Pekanbaru Dapatkan Vaksin Booster, Menyusul Masyarakat Umum

Sudah 90 Persen Nakes Pekanbaru Dapatkan Vaksin Booster, Menyusul Masyarakat Umum
Jum'at, 07 Januari 2022 10:26 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk menggapai kekebalan kelompok terus dilakukan dengan terus menggesa proses vaksinasi Covid-19. Bahkan saat ini, proses penyuntikan booster atau dosis ketiga bagi tenaga kesehatan, hampir rampung.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih. "Kami mencatat saat ini sudah 90 persen nakes mendapat booster," ucap Zaini di Pekanbaru, Jumat (7/1/2022).

Booster adalah dosis vaksin tambahan yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit. Hal ini karena efek beberapa vaksin dapat hilang seiring berjalannya waktu.

Zaini mengatakan, nakes adalah orang yang pertama mendapatkan booster sesuai aturan mengingat mereka sehari-hari berkecimpung dengan pasien Covid-19.

"Setelah nakes tuntas, baru menyusul masyarakat umum, saat ini pemberian vaksin booster di Ibukota Provinsi Riau masih diprioritaskan untuk nakes," katanya, dilansir dari Antaranews.com.

Sejauh ini, lanjut dia, untuk warga umum, Dinkes Kota Pekanbaru masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat.

Diakuinya, sesuai jadwal pemerintah pusat vaksin dosis ketiga akan dimulai pemerintah pada 12 Januari mendatang di kabupaten/kota yang telah mencapai target vaksinasi 70 persen untuk dosis 1 dan 60 persen dosis kedua.

Di Indonesia, ada sekitar 21 juta penduduk yang masuk sasaran program vaksinasi booster ini.

Berdasarkan kriteria yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, vaksin booster hanya diperuntukkan bagi warga usia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww