Home > Berita > Umum

Kelompok Tani Makmur Bersama Rokan Hilir Sambangi P4S Okura Petani Muda di Pekanbaru

Kelompok Tani Makmur Bersama Rokan Hilir Sambangi P4S Okura Petani Muda di Pekanbaru

Pengurus Kelompok Tani Makmur Bersama Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)

Selasa, 04 Januari 2022 19:46 WIB
Widya Paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pertanian, pyang dipimpin Sugi (ketua), berkunjung ke Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Petani Muda Riau (Pemuri) di Okura Pekanbaru, Selasa (4/12022).

Kunjungan pengurus Kelompok Tani Makmur Bersama disambut Ketua P4S Pemuri Ade Putra Daulay SP M.Si yang juga Direktur PT. Sarana Pangan Madani (BUMD Kota Pekanbaru).

Ade Putra menyambut baik kedatangan pengurus Kelompok Tani Makmur Bersama dari Bagansiapiapi dan merasa tersanjung adanya kelompok tani dari Rohil datang untuk belajar dan berbagi pengalaman pertanian.

"Lokasi onsite P4S Pemuri di Okura ini menjadi pilihan bagi mahasiswa magang, diantaranya mahasiswa Fakultas Pertanian UPP Rohul yang baru selesai magang akhir Desember 2021, minggu depan akan datang siswa SMK Pertanian Kuansing untuk magang, jadi lokasi ini terbuka untuk siapa saja yang mau belajar pertanian" ujar Ade.

Orang yang mau bekerja di sektor pertanian sekarang ini mulai langka apalagi anak muda (kaum milenial), Ade berharap kelompok tani jangan hanya fokus mengejar bantuan semata tapi nihil karya nyata, untuk itu kelompok tani harus berani berinovasi baru nanti bantuan-bantuan akan berdatangan kepada kelompok tani.

Sugi Ketua Kelompok Tani Makmur bersama mengatakan kehadiran dirinya dan pengurus lainnya untuk berbagi pengalaman dan menjalin hubungan kerjasama kedepannya antara kelompok tani dengan P4S Pemuri.

"Kami lihat di lokasi ini, Pemuri sudah menggunakan mekanisasi dalam mengolah lahan dan meningkatkan hasil pertanian, hal ini yang menarik bagi kami yang masih mengolah lahan dan meningkatkan hasil secara manual," ungkap Sugi, didampingi MNasir Ali (sekretaris) dan Suyatno (penasihat) .

Selama ini Kelompok Tani Makmur Bersama fokus pada penanaman padi dan cabai dengan berkunjung ke P4S kedepannya ada proses transfer ilmu dan pengalaman ke kelompok tani oleh Pemuri.

Nasir menambahkan Kelompok Tani Makmur Bersama akan panen padi awal Maret 2022 dan rencananya mereka akan mengundang Direktur BUMD Pekanbaru PT Sarana Pangan Madani Ade Putra untuk hadir dan melihat secara langsung panen kelompok taninya seluas 15 hektar. ***

Kategori : Umum
wwwwww