Gara-gara Masalah Utang saat Pilkada, Ujung Hidung Mantan Bupati Digigit Pengusaha Tambang hingga Putus

Gara-gara Masalah Utang saat Pilkada, Ujung Hidung Mantan Bupati Digigit Pengusaha Tambang hingga Putus
Minggu, 02 Januari 2022 09:13 WIB

KOTAMABAGU, POTRETNEWS.com — Mantan Bupati Boltim Sulawesi Utara Sehan Salim mengalami insiden penganiayaan. Sehan Salim Landjar, dianiaya oleh seorang pengusaha tambang berinisial AJ.

Insiden penganiayaan dialami oleh mantan Bupati Boltim, Sulawesi Utara, Sehan Salim. Peristiwa penganiayaan terjadi di rumah AJ di Kelurahan Tumubui, Kota Kotamabagu pada Rabu (29/12/2021) malam.

Hidung Sehan digigit pelaku bahkan sampai putus hingga harus dioperasi plastik. Bahkan aksi penganiayaan dilakukan di hadapan Kapolres Kotamabagu AKBP Irham Halid. Irham menyebut, motif penganiayaan tersebut yakni utang piutang.

Sehan Salim ternyata memiliki utang saat Pilkada kepada AJ yang hingga saat ini belum kunjung dibayar. AJ diketahui telah berulang kali menagih utang tersebut.

Namun, korban tak merespons.

Mengutip dari Tribun Manado, utang Sehan Salim kepada AJ mencapai Rp 2 miliar.

"Utangnya dari informasi yang kami terima itu mencapai Rp 2 Miliar," ujarnya, Jumat (31/12/2021), kata Irham, melansir Tribunnews.com.

Hingga akhirnya terjadi peristiwa penganiayaan tersebut. Korban mengaku pelaku sudah menyuruh orang untuk menjemputnya sebanyak dua kali. Korban pun akhirnya menemui AJ di hari kejadian dengan dijemput oleh orang suruhan pelaku.

Sehan mengaku juga dibuntuti selama perjalanan. Mengutip dari Kompas.com, Sehan bertemu AJ di ruangan khusus dan berbicara selama kurang lebih satu jam. Namun Sehan tidak diizinkan keluar dari rumah tersebut. Sehan juga sempat diminta AJ untuk memukul botol bekas minumannya.

Namun, Sehan menolak.

Karena merasa terancam, Sehan akhirnya menghubungi Kapoles Kotamabagu secara sembunyi-sembunyi. Kapolres Kotamabagu pun mengingatkan AJ agar persoalan diselesaikan secara damai. Namun, AJ justru marah-marah kepada Irham lewat telepon.

Irham akhirnya datang ke rumah pelaku. Sesampainya di rumah pelaku, Kapolres sempat memberikan nasihat. Namun, penganiayaan terjadi begitu saja. AJ tiba-tiba merangkul leher korban dan langsung menggigit hidungnya. Akibat peristiwa itu, Sehan harus menjalani operasi plastik.

"Saya harus operasi plastik, ujung besar hidung saya copot, jaringannya putus," katanya.

Aksi AJ ternyata juga di luar dugaan Kapolres.

"Iya, itu terjadi saat saat keluar dari rumah AJ. Saya juga tak menyangka jika tersangka akan menganiaya Sehan Landjar dengan cara seperti itu," ungkapnya.

Istri Sehan Salim Landjar, Nursiwin Dunggio, menyebut suaminya berangkat ke Manado untuk melakukan operasi hidung di RS Siloam. Sehan juga melaporkan kasus penganiayaan yang dialaminya. Kini AJ telah ditahan di Polda Sulawesi Utara.

"Saat ini tersangka AJ alias AK sudah diamankan dan dilakukan penahanan di Polda Sulut," kata Kapolda Sulut, Irjen Pol Mulyatno, mengutip Kompas.com.

AJ diduga melanggar Pasal 351 KUHP ayat 1 dan 2 dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan penjara. Untuk diketahui, AJ merupakan pengusahan tambang emas di Boltim.

Dikutip Tribunnews dari Tribun Manado, tambang emas milik AJ tersebut ternyata masuk kategori pertambangan emas tanpa izin atau PETI. Lokasi tambang AJ pernah digerebek oleh Tim Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskri Mabes Polri.

Namun saat itu AJ tak berada di lokasi.

Hanya tiga penambang yang ditemukan di area tersebut. Pihak kepolisian kemudian menyegel tambang milik AJ. AJ lalu dimasukkan dalam daftar pencarian oran (DPO). AJ menjadi buronan polisi sejak ditetapkan menjadi tersangka pada Februari 2021. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim
wwwwww