Home > Berita > Umum

Mancing Pantai, Pariwisata Kearifan Lokal Desa Prapattunggal Bengkalis

Mancing Pantai, Pariwisata Kearifan Lokal Desa Prapattunggal Bengkalis

Juara 1 dan 2 Lomba Mancing Pantai foto bersama Kades Ahmad, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades Air Putih, Sabtu (1/1/2022) petang tadi.

Sabtu, 01 Januari 2022 22:10 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Mendung tidak membawa hujan pada Sabtu, 1 Januari 2022 pagi di sekitar Bengkalis termasuk di Desa Prapat Tunggal yang menaja Lomba Mancing Pantai sempena Ulang Tahun Desa ke-VIII tahun 2021.

Langit nan indah berbingkai awan hitam menjadikan cuaca redup dan teduh di desa ini membuat ratusan peserta lomba semakin serius melemparkan mata pancing masing-masing sejak pukul 09.30 WIB pagi tadi.

Menjelang siang, terlihat beberapa peserta lomba yang awalnya berdiri di pantai yang mencoba peruntungan mendapatkan ikan di atas 3 ons kembali ke taman Ikamasata, akronim dari Ikan Mangrove dan Wisata, duduk bersama anak istrinya menikmati makan siang.

Setelah istirahat sejenak, peserta lomba tadi kembali ke pantai untuk melanjutkan perjuangannya merebut 15 item hadiah yang disiapkan panitia pelaksana.

Lomba mancing pantai yang dibuka oleh Camat Bengkalis. Ade Suwirman terlihat juga dihadiri Babinsa M H Gunawan, Kades Senggoro, Kades Simpang Ayam Mujiono, Kades Sebauk Tamrin.

"Kita berikan apresiasi kepada Pak Kades beserta jajarannya yang pada hari ini melaksanakan kegiatan lomba mancing pantai. Tadi berdasarkan laporan, kegiatan ini dibatasi karena masih dalam situasi Corona. Kedepannya, mudah-mudahan bisa lebih ramai lagi karena ini akan berdampak meningkatnya ekonomi masyarakat di sini. Melalui kegiatan ini, selain lomba mancing juga mempromosikan wisata Prapat Tunggal, bagi masyarakat yang berjualan mendapatkan pendapatan dari kegiatan ini," kata Camat Bengkalis, Ade Suwiran kepada potretnews.com, Sabtu (1/1/2022) setelah membuka lomba.

Berbicara tentang Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kecamatan Bengkalis, Camat Ade Suwirman mengatakan, "Kami sangat berharap sekali Desa Prapat Tunggal yang memiliki pantai ini menjadi salah satu ikon wisata Kecamatan Bengkalis. Kalau Kecamatan Bantan punya wisata pantai Selat Baru, Alhamdulillah, sekarang kan sudah mulai tertata rapi, ada tempat makannya, jadi orang weekendnya ramai ke sana. Kita berharap, melalui Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga dapat menganggarkan (Desa Wisata ini,red) paling kurang seperti di Kecamatan Bantan lah ada tempat makannya, parkir yang luas dan mudah-mudahan bisa banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke Parapat Tunggal ini," harap Camat Ade Suwirman.

Kepada Pemerintah Desa Prapat Tunggal, Camat Ade Suwirman berpesan agar menggali dahulu potensi yang ada. "Setiap desa berbeda-beda potensinya, Desa Prapat Tunggal ini kan lebih ke pariwisata. Alhamdulillah, Pak Kades (Ahmad) sangat konsen sekali terhadap pariwisata ini contohnya kita lihat jalan ini, beberapa bulan yang lalu kita masih lewat di jembatan (di sebelah) ini kan, sekarang sudah lewat jalan (semenisasi) ini, artinya Pak Kades konsen terhadap pariwisata yang sudah ada di Desa Prapat Tunggal ini," pesannya.

"Saya ucapkan selamat kepada Desa Prapat Tunggal yang ulang tahun kedelapan. Tahniah kepada Bapak Kepala Desa, warga desa, tokoh masyarakat, alim ulama dan seluruh masyarakat, semoga Desa Prapat Tunggal semakin maju, semakin kompak, semakin bermarwah dan sejahtera," kata Camat Bengkalis, Ade Suwirman mendo'akan di akhir wawancara.

Seorang peserta lomba dari Bengkalis Kota, Kelurahan Senggoro bernama Yesmar datang ke meja panitia membawakan hasil pancingannya pada pukul 13.19 WIB seekor ikan Sembilang seberat 6 ons. Sebelumnya, Rosi peserta asal Desa Teluk Latak juga datang menyerahkan ikan Belukang seberat 4 ons yang berhasil didapatkannya pada pukul 12.40 WIB.

Selalu saya ikut lomba mancing tapi Alhamdulillah, pada hari ini mungkin rezeki saya, saya dapat juara satu," kata Yesmar yang tadi pagi membawa pulang 1 TV LCD sedangkan Roni juara kedua mendapatkan 1 kulkas. Lomba tadi pagi masih tersisa 13 item hadiah yang akan dibagikan dalam lomba berikutnya.

"Harapan kedepannya, terutama karena desa kami Desa Pariwisata, dengan adanya program kearifan lokal lomba mancing dan kegiatan lainnya, bisa menarik minat pengunjung datang ke daerah kami sehingga ini menjadi omset kami. Mudah-mudahan pedagang-pedagang kecil kami bisa berjualan dan kemudian menjadi sumber pendapatan desa," kata Kades Desa Prapat Tunggal, Ahmad pula.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan banyak terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT bahwasenye kunjungan dan apresiasi masyarakat pade hari ini tidak ade halangan dan kendala. Harapan kami kedepannye acara ini lebih sukses lagi," harap Kades Ahmad dalam dialek Melayu Pesisirnya.

Pada saat pembagian hadiah, tetap hadir Ketua BPD Nazri dan anggota, Ketua RT RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas Bripka Irwan bersama istri dan 2 anaknya, Kades Desa Air Putih dan masyarakat sekitar 300an orang.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww