Home > Berita > Umum

1.439 Warga Rokan Hulu Terdampak Banjir, Pemerintah Dirikan Dapur Umum

1.439 Warga Rokan Hulu Terdampak Banjir, Pemerintah Dirikan Dapur Umum
Minggu, 26 Desember 2021 16:10 WIB

INDRAGIRI HULU, POTRETNEWS.com — Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Riau kini berangsur surut. Dua kabupaten yakni Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Rokan Hulu dilanda banjir sejak kemarin. Sejumlah rumah warga yang berada di lokasi tersebut terendam banjir.

Kejadian ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sehingga mengakibatkan meluapnya sungai yang dilintasi dua kabupaten tersebut yakni Sungai Pawan dan Sungai Cenaku pada Sabtu, 25 Desember 2021.

"Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB terdapat sedikitnya 1.439 jiwa terdampak di Kabupaten Rokan Hulu," kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari di Jakarta, Minggu, 26 Desember 2021,melansir viva.co.id.

Adapun wilayah terdampak yakni Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Rambah Tengah Barat, Deda Pematang Berangan, Desa Babussalam, Desa Koto Tinggi, dan Kelurahan Pasirpengaraian yang terletak di Kecamatan Rambah, Desa Lubuk Napal, Desa Teluk Aur, Desa Lubuk Bilang di Kecamatan Rambah Samo, dan Desa Rambah di Kecamatan Hilir.

"Sementara itu, untuk wilayah Kabupaten Indragiri Hulu terdapat 109 jiwa terdampak yang bermukim di Desa Kelesa, Kelurahan Pangkalan Kasai di Kecamatan Seberida," ujarnya.

BPBD setempat melaporkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait perihal pendataan dan penanganan evakuasi terhadap warga terdampak. Warga yang sudah tidak tergenang banjir sudah kembali ke rumah masing-masing dan melakukan pembersihan.

Meski demikian, masih terdapat beberapa titik yang masih tergenang seperti di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Bantuan logistik dan pendirian dapur umum juga telah diberikan kepada para warga terdampak sebagai upaya percepatan penanganan banjir. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Rohul
wwwwww