Home > Berita > Umum

Ahli Pers Sekaligus Pendiri potretnews.com Berikan Motivasi kepada Peserta Diklat Jurnalistik Tajaan LPM Visi Unilak

Ahli Pers Sekaligus Pendiri <i>potretnews.com</i> Berikan Motivasi kepada Peserta Diklat Jurnalistik Tajaan LPM <i>Visi</i> Unilak

Momen foto bersama usai pembukaan diklat/F-ISTIMEWA

Jum'at, 17 Desember 2021 13:21 WIB
Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Visi, Universitas Lancang Kuning (Unilak), menggelar pendidikan dan pelatihan jurnalistik mahasiswa tingkat dasar di aula Gedung Perpustakaan/Puskom Unilak, Pekanbaru, Jumat (17/12/2021).

Acara pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, salah satu perintis/pemimpin umum pertama koran kampus Visi Mario Abdillah Khair, Wakil Presiden BEM Unilak Rahmat Hidayat, perwakilan DPM, perwakilan BEM fakultas, dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) itu berlangsung khidmat.

Mario Abdillah Khair yang merupakan Ahli dari Dewan Pers sejak 2010 hingga sekarang dan baru saja terpilih sebagai komisioner Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Riau periode 2021-2024, dalam sambutannya meminta para mahasiswa yang akan menjadi wartawan masa depan untuk senantiasa memperluas wawasan dan literasi melalui membaca. Selain itu, Mario mengingatkan pentingnya memahami kode etik jurnalistik (KEJ). Dengan memahami dan mematuhi KEJ, maka independensi dan integritas seorang wartawan itu akan terjaga.

Mario yang pernah menduduki kursi Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau periode 2008-2012 juga mengajak mahasiswa untuk menjadikan media digital sebagai peluang bisnis baru. "Saat ini adalah masanya teknologi digital, yang kebetulan muncul di masa generasi milenial. Hal ini bisa menjadi terobosan bagi milenial untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah," ujar pria berpredikat Wartawan Utama dari Dewan Pers, ini.

Pada kesempatan yang sama, dalam arahannya Wakil Rektor III Unilak Bagio Kadaryanto mengatakan calon wartawan harus banyak membaca sebagai khazanah dalam menulis. Dia juga memotivasi mahasiswa agar mampu melihat peluang bisnis di era digital dan ikut ambil bagian di dalamnya.

Sementara itu, Pemimpin Umum Visi, Rama Marantika mengaku bangga karena alumni Visi ada yang terjun di dunia pers dari sejak mahasiswa hingga kini. Bahkan, dua pendiri Visi; Mario dan Yusfreyendi saat ini menjadi pemilik dua media massa daring berpengaruh di Indonesia khususnya Riau dan Kepulauan Riau yaitu potretnews.com dan suaraserumpun.com (kedua media telah mendapat sertifikat terverifikasi dari Dewan Pers, red). ***

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww