Home > Berita > Umum

Gajah Sumatra Betina Mati Kesetrum Listrik PLN.di Kebun.Sawit yang Berbatasan dengan Konsesi PT Arara Abadi

Gajah Sumatra Betina Mati Kesetrum Listrik PLN.di Kebun.Sawit yang Berbatasan dengan Konsesi PT Arara Abadi

Seekor gajah sumatera ditemukan mati di Riau. Diduga, penyebab kematian satwa dilindungi ini karena tersengat kabel listrik milik PLN.Foto/

Sabtu, 11 Desember 2021 11:44 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Seekor gajah sumatera ditemukan mati di Riau. Diduga, penyebab kematian satwa dilindungi ini karena tersengat kabel listrik milik PLN. Gajah yang mati itu berjenis kelamin betina.

Plt Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan bahwa pihaknya bersama pihak PLN susah mendatang lokasi. "Gajah yang mati tersebut diperkirakan berusia 25 tahun," katanya, Jumat (10/12/2021), melansir sindonews.com.

Dia mengatakan, betina itu ditemukan mati di Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Tualang Mandau, Kabupaten Bengkalis. Bangkai gajah berada di kebun sawit masyarakat yang berbatasan langsung dengan konsesi PT. Arara Abad, Sinarmas Grup. Sedangkan gajah liar sub populasi Giam Siak Kecil saat ini masih terpantau berada di sekitar bangkai.

"Gajah itu mati di kebun sawit milik Pak Sitorus. Gajah mati disebabkan oleh setrum aliran listrik yang bersumber dari kabel PLN yang terhubung ke barak pekerja kebun sawit milik masyarakat yang dirobohkan gajah liar," imbuhnya.

Dia menjelaskan, bahwa tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB, BBKSDA Riau mendapat informasi bahwa anggota Tim Kelompok Masyarakat Peduli Gajah (KMPG) Desa Koto Pait Beringin bersama Rimba Satwa Fondation (RSF) - HIPAM ada gajah mati. Tim BBKSDA pun ke lokasi.

Atas kejadian tersebut, pihak BBKSDA dan PLN melakukan penyelidikan untuk mengambil langkah selanjutnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww