Home > Berita > Umum

Dua Ekor Rusa Terjebak di Kawasan Kosong di Desa Palas Pekanbaru

Dua Ekor Rusa Terjebak di Kawasan Kosong di Desa Palas Pekanbaru
Kamis, 09 Desember 2021 15:41 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Satwa rusa terjebak di kawasan kosong yang akan dibangun perumahan, di Desa Palas, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Video rusa yang terjebak itu, viral di media sosial. Satu di antaranya, diunggah di akun Instagram @cintasatwariau, sekitar 2 hari lalu.

Dalam video itu, rusak tampak bingung mencari jalan keluar. Pasalnya sekeliling lahan yang sudah ditimbun itu, dipasang pagar beton.Rusa yang berlari-larian itu pun menjadi tontotan warga. Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar mengatakan, petugas dari tim Seksi Konservasi Wilayah IV, sudah mendatangi lokasi untuk mengecek.

"Namun rusa telah mengarah ke lokasi tegakan hutan pinggir Sungai Siak," kata Hansen, Kamis (9/12/2021), melansir Tribunnews.com.

Menurut informasi warga, rusa berjumlah 2 ekor, dan sempat akan ditembak. Namun dilarang oleh Ketua RT setempat. Untuk hari ini diterangkan Hansen, direncanakan tim rescue akan diturunkan untuk melakukan identifikasi, apakah rusa itu dari jenis dilindungi. Petugas juga akan mencari posisi keberadaan rusa. Tim rescue yang dikerahkan, berjumlah 3 orang.

"BBKSDA Riau juga menghimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan tindakan anarkis terhadap satwa liar tersebut," jelas Hansen.

"Untuk selanjutnya akan dilakukan tindakan upaya penggiringan lebih lanjut agar dapat dikembalikan ke habitatnya," pungkas pria yang juga menjabat sebagai Plh Kepala BBKSDA Riauini. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww