Home > Berita > Umum

Desa Perapattunggal Bengkalis di Usia ke-8; Kendughi Makan Ikan Bako dan Ubi Ghebos, Awali Rangkaian Agenda

Desa Perapattunggal Bengkalis di Usia ke-8; <i>Kendughi</i> Makan Ikan <i>Bako</i> dan Ubi <i>Ghebos</i>, Awali Rangkaian Agenda

Kades Desa Perapat Tunggal, Ahmad bersama beberapa anggota BPD saat merayakan ulang tahun desa ke-8, Selasa (30/11/2021) malam tadi.

Rabu, 01 Desember 2021 19:40 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Memasuki gerbang batas desa antara Desa Perapat Tunggal dengan Desa Meskom, Bengkalis Riau yang terang benderang diterangi oleh lampu jalan, ada suasana tenteram membawa ketenangan di hati pada Selasa, 30 November 2021 malam semalam.

Hanya sekitar 70 meter dari gerbang ini, terlihat di sisi kanan jalan sebuah rumah papan, beberapa orang beraktivitas layaknya sebuah pesta kecil tengah dilangsungkan.

"Sesuai dengan visi dan misi kami selaku kepala desa dan menunjang program dari pemerintah pusat yaitu setiap desa mengembangkan budaya kearifan lokal, Alhamdulillah Desa Prapat Tunggal ini dan potensi masyarakatnya, banyak budaya-budaya yang berisi kearifan lokal di desa kami maka itu, potensi ini kami gali sebagai kegiatan tahunan kami dan kebudayaan masyarakat kami," kata Kepala Desa Perapattunggal, Ahmad kepada potretnews.com, Selasa (30/11/2021) malam.

Kades Ahmad yang baru saja memotong cake yang bertuliskan Selamat Ulang Tahun ke-8 menambahkan bahwa dalam rangka ulang tahun desanya tadi ada penambahan kegiatan. "Malam ini kendughi (kenduri) ikan bako (bakar) dan ubi ghebos (rebus) tingkat RT dan selanjutnye malam kedue, Asrakal," tambahnya.

Sesuai brosur yang diterima jurnalis media ilmu terlihat mata acara yang akan berlangsung yaitu pembacaan Yasin massal, doa selamat dan Asrakal Sholawat Nabi pada Rabu malam ini (1/12), kemudian kenduri syukuran bertempat di kantor desa yang direncanakan dihadiri Bupati Bengkalis, Kamis esok pagi (2/12/2021) serta lomba mancing pantai yang berlokasi di taman wisata desa yang dilaksanakan pada 30 Desember 2021 mendatang.

Kegiatan memberikan santunan kepada tokoh-tokoh, tokoh agama tokoh adat dan para pengurus lembaga yang selama ini mendukung program pemerintahan desa juga telah rutin dilaksanakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun desa ini hingga masuk tahun ke-6 sekarang.

"Besar harapan kami setelah bupati menentukan desa kami sebagai desa wisata karena kami membuka Taman Ikamawisata, Ikan Mangrove dan Wisata dalam hal ini kami melestarikan budaya kearifan lokal ini supaya menarik minat pariwisata, pengunjung dari luar dan menjadikan desa ini bisa berkembang sehingga menambah perekonomian masyarakat kami sesuai dengan visi dan misi kami. Kami sudah berazam bahwasanya Desa Prapat Tunggal menyambut program Presiden Republik Indonesia bahwa budaya kearifan lokal itu harus ditingkatkan lagi," pungkasnya.

Saat disampaikan usul dari pimpinan Cabang Bank Riau Bengkalis beberapa tahun silam agar "Pantai Sesai" yang dimiliki desa paling ujung Barat di Pulau Bengkalis ini, Ahmad memberikan tanggapan, "Bagi kami masyarakat Desa Prapat Tunggal, tidak ade yang tidak bisa, tidak ade yang tidak mungkin, yang penting kejesame kite bahwasenye Desa Prapat Tunggal sekaghang ibaratnye memang tempat untuk dikunjungi, tempat acara dan kegiatan. Dalam tahun ini kami meghubah kegiatan, biasanye dulu ade pacu perahu, tarik tambang, lomba Jong tahun ini ditiadekan. Lomba lari sesai, kite harus menggali dan teghos menggali potensi-potensi kearifan lokal yang ade di Desa Perapat Tunggal," cakap Ahmad.

Kades Ahmad yang masih berdarah hulubalang ini mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dan sinkronisasi antara BPD, perangkat desa dan masyarakat. "Pepatah oghang tue mengatekan bahwa tunggal itu satu, walaupun pohonnye beso, bedaun rindang, kami tetap bersatu sehingga pohon tadi akan menghasilkan buah yang baik. Besatu kite teguh becerai kite runtuh. Mudah-mudahan, Desa Prapat tunggal diizinkan Allah menjadi desa yang nomor satu," kata Kades Ahmad di akhir wawancara.

Acara Kenduri Ikan Bako dan Ubi Ghebos malam semalam dinilai langsung oleh Kades Ahmad bersama BPD. Anwar, Ketua RT 02 mengungkapkan rasa syukur karena RT-nya menjadi juara pertama acara kenduri malam tadi dan akan menerima uang pembinaan sebesar Rp500.000.

Ketua RW 01, Ruslan mengaku tanpa dukungan Ketua RT 02 dan warganya sangat mendukung acara ulang tahun Desa ini. Hanya dilakukan beberapa jam saja persiapan menyambut kegiatan kenduri ikan bako dan ubi rebus terlaksana dengan baik karena kerjasama yang terjalin antara sesama warga.

"Saya, Nasri Ketua BPD Desa Perapattunggal mengucapkan selamat ulang tahun ke-8 Desa Perapat Tunggal tahun 2021, semoga Desa Prapat tunggal semakin jaya," ucap Ketua BPD, Nasri pula

Didapat informasi, pada acara Kenduri Syukuran esok pagi anak PAUD akan menampilkan drama Batu Belah Batu Betangkup yang dilatih guru dan kepada sineas ND Juaii M Usna diminta Kades Amad untuk memberikan masukan saat latihan terakhir nanti malam selepas baca Yasin.

Malam tadi, jurnalis media ini dibawa Kades Amad dan rombongan BPD mengunjungi 12 RT tempat dilaksanakannya Kenduri Ikan Bako dan Ubi Ghebos. Suatu keajaiban dari Yang Maha Kuasa, meski cuaca teramat mendung, kilat dan guruh serta sedikit gerimis tapi alam enggan untuk tidak mendukung kegiatan inovasi desa ini. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww