Home > Berita > Umum

Sebelum Dikukuhkan, Jajaran DMDI Bengkalis Pilih Ziarah ke Makam Pejuang Islam yang Tersohor hingga Malaysia

Sebelum Dikukuhkan, Jajaran DMDI Bengkalis Pilih Ziarah ke Makam Pejuang Islam yang Tersohor hingga Malaysia

Makam ulama dan pejuang Islam, Habib Abdurrahman bin Yasin Ba'alawi di Desa Pangkalan Batang.

Rabu, 17 November 2021 10:33 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Agenda pertama pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Sekretariat Bengkalis menjelang pengukuhan yakni ziarah makam Habib Abdurrahman bin Yasin Ba'alawi, yang akan dilaksanakan pada hari ini, Rabu 17 November 2021 bakda Asar.

Makam tua yang akan diziarahi seluruh ulama-ulama Nahdatul Ulama (NU) dan para santri sesuai referensi tulisan Muhammad Isa Selamat, penasehat DMDI Bengkalis inimerupakan salah satu syuhada dan pejuang Islam yang juga dikenal juga di Kerajaan Malaysia.

"Insya Allah, ziarah makam pejuang Islam Habib Abdurrahman bin Yasin Ba'alawi dipimpin langsung Tuan Guru Abah Ahmad Fadhli Inayatullah dari Majelis Ilmu dan Amal (MIA) Al Burdah Baa Khaalis 2002,"ujar Ketua Umum DMDI Bengkalis Darma Firdaus S, Selasa (16/11/2021).

Dikatakannya, Desa Pangkalan Batang ini memiliki khazanah budaya Islam, yang hari ini menyatu dengan masyarakatnya. Salah satunya terdapatnya makam sejarah masa lampau.

"Kita harapkan segenap pengurus DMDI nantinya hadir. Saat hadir di sana, tentunya ikuti segala petunjuk dari pembimbing selama ziarah makam berlangsung. Gunakan pakaian bersih, sarung dan peci," ajak Darma yang juga Ketua Umum KONI Bengkalis ini.

*Wafat Tahun 1870*

Dalam sejarah Islam, Habib Abdurrahman bin Yasin Ba'alawi adalah seorang alim ulama, sekaligus pejuang Islam di masa lampau. Habib Abdurrahman Bin Yasin Ba’alawi masih ada hubungan dengan Sultan di Malaysia.

“Habib Abdurrahman bin Yasin Ba'lawi adalah seorang yang Alim dan sekaligus pejuang di masa itu dan masih ada hubungan dengan Sultan di Malaysia. Gurunya bernama Habib Abdulllah bin Alwi Al-Haddad Hadramaut. Diperkirakan Habib Abdurrahman Wafat pada tahun 1870,”ujar Ustadz Suyendri, yang juga Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Madani Bengkalis pula.

Sedangkan agenda kedua adalah Bengkalis Mengaji pada Senin, 6 Desember mendatang yang dilanjutkan Khatam Al-Qur'an pada malam harinya yang Insya Allah akan dihadiri seribuan hadirin. Untuk acara ini, hingga Rabu (17/11/2021) pukul 02.38 WIB telah terkumpul 535 paket sumbangan para pengurus DMDI dan kaum kerabat.

Agenda ketiga adalah penyerahan paket sembako kepada mualaf di Desa Jangkang Kecamatan Bantan pada Selasa, 17 Desember yang pengukuhan pengurus DMDI dilakukan sebelum penyerahan paket yang telah terkumpul 60 paket sembako hingga berita ini ditulis.

Kepada para simpatisan yang ikhlas ingin ikut berkontribusi dalam penyediaan kedua paket di atas dapat menghubungi Ela di nomor WhatsApp +62822 3778 8264 ataupun transfer langsung ke nomor rekening nomor rekening 1080007030514 Bank Mandiri An. Ashela Risa. Setelah melakukan transfer, harap konfirmasi ke nomor WhatsApp di atas. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww