Home > Berita > Umum

Sungai Batang Gansal di Indragiri Hulu Meluap hingga Masuk Permukiman Warga

Sungai Batang Gansal di Indragiri Hulu Meluap hingga Masuk Permukiman Warga
Minggu, 14 November 2021 15:23 WIB

RENGAT, POTRETNEWS.com — Sungai Batang Gansal meluap mengakibatkan banjir bandang di Penyaguhan, Indragiri Hulu yang berdampak ratusan warga sulit beraktivitas dan mendapatkan air bersih.Kondisi ini membuat masyarakat setempat membutuhkan perhatian dan bantuan dari pemerintah.

Kepala Desa Penyaguhan terpilih, Marwan, Minggu, mengatakan banjir sudah berlangsung sejak dua hari ini yang menyebabkan beberapa desa terendam.

"Sebahagian besar masyarakat petani tidak dapat beraktivitas," katanya.

Air dengan ketinggian antara 60-70 centimeter masih menggenangi rumah penduduk, terutama Dusun IV, Desa Penyaguhan. Karena itu, masyarakat hanya bisa berdiam diri di rumah sambil menunggu air surut. Setidaknya ada 230 rumah warga terendam air. Namun banjir paling parah merendam pemukiman warga Dusun IV yang berjumlah 170 unit rumah.

Untuk itu, selain sembako, masyarakat juga butuh air bersih, sebab sumber air bersih selama ini berasal dari sumur bor dan sumur cincin yang kini terendam banjir.

"Alhamdulillah, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu sudah mengirimkan bantuan air bersih ke masyarakat," sebutnya.

Selain itu, masyarakat membutuhkan bantuan sembako berupa beras dan lauk pauk dari pemerintah. Sebab saat ini masyarakat memang belum bisa beraktifitas, hingga sulit memenuhi kebutuhan keluarga. Sementara itu, Kepala KPBD Inhu, Sabtu Ergusfiyan mengatakan, tim sudah turun ke lokasi banjir di Desa Penyaguan untuk menyuplai air bersih yang dibutuhkan masyarakat terdampak banjir.

"Satu mobil tangki berisi 5.000 liter air bersih yang diambil dari PDAM Rengat, sudah didistribusikan," ujarnya.

Hujan deras yang mengguyur Riau sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan 2 desa di wilayah Indragiri Hulu terendam banjir hingga setinggi 1 meter, melansir antaranews.com.

"Hujan deras terjadi beberapa hari terakhir, 2 desa di Batang Gansal terendam," tambah Kapolsek Batang Gansal Ipda Nadya Ayu.

Nadya mengatakan, banjir merendam dua desa di Kecamatan Batang Gansal yakni Desa Belimbing dan Desa Penyaguhan. Selain curah hujan tinggi, banjir terjadi akibat luapan air di Sungai Batang Gansal.

"Air sungai Gansal naik sekitar 50-100 Cm. Bahkan ada yang melebihi 1 meter untuk beberapa lokasi," kata Kapolsek. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Inhu
wwwwww