Home > Berita > Umum

Penyelenggara Negara Perlu Bangun Komunikasi Efektif Dorong Peran Aktif Masyarakat

Penyelenggara Negara Perlu Bangun Komunikasi Efektif Dorong Peran Aktif Masyarakat
Kamis, 11 November 2021 11:25 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan perlunya membangun pola komunikasi efektif antara penyelenggara negara dengan masyarakat untuk mendorong peran aktif warga dalam mendukung pembangunan di berbagai sektor.

Johnny menyoroti kerja sama regional antara Indonesia dan Malaysia yang bisa semakin sukses juga mendapatkan dukungan dari masyarakat dari berbagai sektor, misalnya properti, transportasi, hingga media massa.

"Kerja sama regional antara pemerintah dan bilateral seperti yang dijalani Indonesia dan Malaysia perlu disampaikan kepada masyarakat dengan tepat, agar masyarakat di Indonesia dan Malaysia bisa ambil bagian di dalamnya,” ujar Johnny saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Dengan penyampaian informasi mengenai kerja sama tersebut, masyarakat bisa mengetahui bahkan ikut berperan aktif dalam mendukung pembangunan di kawasan, misalnya ASEAN. Dengan demikian, menurut Menkominfo, target pembangunan kawasan kian cepat tercapai karena dukungan segenap masyarakat.

"Informasi tepat dan akurat, serta cepat bisa membantu masyarakat mengambil bagian dengan baik lewat mengisi program- program pembangunan di negara masing- masing baik di tingkat kerja sama bilateral dan juga internasional,” ujar Johnny, melansir antaranews.com.

Johnny mengatakan, penerapan transformasi digital juga bisa mewujudkan penyampaian informasi yang cepat dan akurat. Untuk memanfaatkan hal itu, diperlukan kegiatan-kegiatan konkret dan tepat oleh tiap negara yang bekerja sama.

Dengan pemberitaan yang memanfaatkan teknologi digital di tengah era disrupsi, maka masyarakat di kedua negara pun akan terbiasa dan semakin cakap di ruang digital dan tidak mudah termakan misinformasi atau hoaks.

Pemberitaan yang memanfaatkan digitalisasi pun akan lebih tepat sasaran mengingat saat ini ruang digital pun sudah menjadi bagian besar yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan masyarakat. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww